Unigal Repository

EFEKTIVITAS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi di SD Negeri Rawajaya 04 Kecamatan Bantarsari Kabupaten Cilacap)

Show simple item record

dc.contributor.author Imam, Kuswanto
dc.date.accessioned 2024-09-06T08:50:55Z
dc.date.available 2024-09-06T08:50:55Z
dc.date.issued 2024-07-27
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/5262
dc.description.abstract Penelitian ini berjudul EFEKTIVITAS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi di SD Negeri Rawajaya 04 Kecamatan Bantarsari Kabupaten Cilacap), Imam Kuswanto, NIM. 82362223017. Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa dalam upaya membantu murid untuk mencapai tujuan, maka guru harus memaksimalkan peran sebagai guru yang berkompeten, diantaranya mengembangkan bahan pelajaran dengan baik, meningkatkan kemampuan siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran yang tepat. Hal tersebut berkaitan dengan kompetensi pedagogik guru dalam melakukan proses kegiatan pembelajaran, kemampuan dalam menguasai kelas, strategi pembelajaran, kemampuan dalam mengatur segala proses kegiatan pembelajaran dari kegiatan awal sampai akhir sehingga kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan lancar, dan tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang: 1) Efektivitas kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan minat belajar peserta didik; 2) Hambatan yang dihadapi dalam efektivitas kompetensi pedagogik guru untuk meningkatkan minat belajar peserta didik; 3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam efektivitas kompetensi pedagogik guru untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan tesis ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Adapun informan pada penelitian ini meliputi guru, kepala sekolah, pengawas, dan komite sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Efektivitas kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di SD Negeri Rawajaya 04 Kecamatan Bantarsari Kabupaten Cilacap sudah terlaksana cukup baik. Namun, masih ada guru yang latar belakang pendidikannya belum linier dengan bidang yang diampu, guru belum sepenuhnya dapat mengakomodir minat dan potensi peserta didik, dan keterbatasan sarana dan prasarana sekolah. 2) Hambatan yang dihadapi sebagai berikut: a) Masih ada guru yang latar belakang pendidikannya belum linier dengan bidang yang diampu, b) Kompetensi pedagogik guru belum efektif, c) Masih ada kekurangan sarana dan prasarana, dan d) Masih ada peserta didik yang kurang menunjukkan minat dalam belajar. 3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan sebagai berikut: a) Memotivasi guru untuk melanjutkan pendidikan yang linier dan peningkatan kompetensinya dengan difasilitasi melalui pelatihan guru, terlibat secara aktif dalam KKG atau kegiatan pendidikan lainnya, b) Guru mengikuti Kelompok Kerja Guru (KKG), difasilitasi penataran/pelatihan guru, dan dilaksanakan supervisi kepala sekolah dan pengawas terhadap guru, c) Sekolah berupaya meningkatkan sarana dan prasarana melalui perencanaan, penggunaan, pengawasan, dan pelaporan sarana dan prasarana, dan d) Penerapan konsep Merdeka Belajar (pembelajaran yang berpihak kepada siswa). en_US
dc.subject Kompetensi Pedagogik Guru, Minat Belajar, Peserta Didik en_US
dc.title EFEKTIVITAS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi di SD Negeri Rawajaya 04 Kecamatan Bantarsari Kabupaten Cilacap) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account