Abstract:
Penelitian ini berjudul PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH
SEBAGAI LEADER DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH EFEKTIF
(Studi di SD Negeri Karangjati 03 dan SD Negeri Karangasem 01
Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap), Ida Yuli Astuti,
NIM. 82362223031. Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa kepala sekolah dituntut
untuk mampu merancang langkah-langkah strategis dalam kepemimpinannya di
sekolah yang kemudian akan diterapkan dalam mengelola sekolahnya. Semua
tugas dan peran kepala sekolah tersebut dalam rangka mencapai sekolah yang
efektif. Berdasarkan fungsinya, penulis memfokuskan penelitiannya terhadap
fungsi kepala sekolah sebagai leader karena sangat menentukan berhasil dan
tidaknya, maju atau mundurnya suatu lembaga yang dipimpinnya. Tujuan
penelitian adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang:
1) Peran kepemimpinan kepala sekolah sebagai leader dalam mewujudkan
sekolah efektif; 2) Hambatan peran kepemimpinan kepala sekolah sebagai leader
dalam mewujudkan sekolah efektif; 3) Upaya mewujudkan peran kepemimpinan
kepala sekolah sebagai leader dalam mewujudkan sekolah efektif. Metode
penelitian yang digunakan dalam penyusunan tesis ini adalah deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara,
observasi, dan studi dokumentasi. Adapun informan pada penelitian ini meliputi
kepala sekolah, guru, pengawas, dan komite sekolah. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: 1) Peran kepemimpinan kepala sekolah sebagai leader
dalam mewujudkan sekolah efektif sudah terlaksana cukup baik. Namun, kepala
sekolah belum optimal dalam merivisi visi misi secara berkala berdasarkan
analisis SWOT maupun tuntutan kebutuhan pendidikan saat ini khususnya analisis
lingkungan internal maupun eksternal. 2) Hambatan peran kepemimpinan kepala
sekolah sebagai leader dalam mewujudkan sekolah efektif sebagai berikut:
a) Keterbatasan sumber daya, b) Kurangnya dukungan dari pihak terkait,
c) Tuntutan tugas kepala sekolah yang kompleks, d) Tantangan dalam mengelola
konflik, dan e) Perubahan kebijakan pendidikan. 3) Upaya mewujudkan peran
kepemimpinan kepala sekolah sebagai leader dalam mewujudkan sekolah efektif
sebagai berikut: a) Mengoptimalkan penggunaan sumber daya, b) Meningkatkan
partisipasi orangtua dan masyarakat, c) Memperkuat kolaborasi dengan pendidik
dan tenaga kependidikan sehingga tugas kepala sekolah bisa terdelegasikan,
d) Menjalin komunikasi yang baik, dan e) Kepala sekolah perlu menyesuaikan
strategi kepemimpinan dengan perubahan kebijakan pendidikan, sehingga dapat
mempertahankan kualitas pendidikan yang baik di sekolah.