Abstract:
Penelitian ini berjudul IMPLEMENTASI KOMPETENSI SUPERVISI
AKADEMIK PENILIK DALAM MENINGKATKAN KINERJA
MENGAJAR GURU (Studi Pada Dabin II PAUD Kecamatan Jeruklegi
Kabupaten Cilacap), Siti Nurhajah, NIM. 82362223027. Penelitian ini
dilatarbelakangi bahwa guru merupakan salah satu kunci utama suksesnya
penyelenggaraan pendidikan. Oleh karena itu, guru dituntut mampu melaksanakan
proses belajar mengajar dengan baik. Untuk mencapai proses dan hasil pendidikan
yang berkualitas perlu di dukung oleh kinerja mengajar guru yang baik. Hal
tersebut tidak terlepas dari implementasi kompetensi supervisi akademik penilik
terhadap guru binaannya melalui pemantauan, penilaian, pembimbingan,
pembinaan dalam penyusunan rencana, pelaksanaan, penilaian dan perbaikan
program pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru. Tujuan penelitian adalah
untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang: 1) Implementasi kompetensi
supervisi akademik penilik ditinjau dari aspek perencanaan dalam meningkatkan
kinerja mengajar guru; 2) Implementasi kompetensi supervisi akademik penilik
ditinjau dari aspek pelaksanaan dalam meningkatkan kinerja mengajar guru;
3) Implementasi kompetensi supervisi akademik penilik ditinjau dari aspek
evaluasi dalam meningkatkan kinerja mengajar guru. Metode penelitian yang
digunakan dalam penyusunan tesis ini adalah deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan
studi dokumentasi. Adapun informan pada penelitian ini meliputi guru, kepala
sekolah, penilik, dan Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: 1). Implementasi kompetensi supervisi akademik penilik
ditinjau dari aspek perencanaan dalam meningkatkan kinerja mengajar guru sudah
terlaksana cukup baik. Namun demikian, ada aspek yang lemah yaitu kompetensi
supervisi akademik penilik terhadap guru binaan belum optimal. 2) Implementasi
kompetensi supervisi akademik penilik ditinjau dari aspek pelaksanaan dalam
meningkatkan kinerja mengajar guru sudah terlaksana cukup baik. Namun
demikian, ada aspek yang lemah yaitu masih rendahnya motivasi guru untuk
disupervisi. 3) Implementasi kompetensi supervisi akademik penilik ditinjau dari
aspek evaluasi dalam meningkatkan kinerja mengajar guru sudah terlaksana cukup
baik. Namun demikian, ada aspek yang lemah yaitu evaluasi proses supervisi
akademik belum sepenuhnya ditindaklanjuti oleh penilik.