Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa banyak faktor yang mempengaruhi prestasi
belajar peserta didik baik dari dalam lembaga pendidikan yaitu sekolah maupun di
luar sekolah. Salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar peserta didik
adalah kompetensi guru terutama kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik
guru merupakan kemampuan guru dalam mengajar peserta didik. Tujuan penelitian
adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang: 1) Implementasi
kompetensi pedagogik guru Bahasa Inggris dalam meningkatkan prestasi peserta
didik di SMP IT Bina Insan Kamil Sidareja Kabupaten Cilacap; 2) Hambatanhambatan
yang
dihadapi
guru
dalam
mengimplementasikan
kompetensi
pedagogik
guru
Bahasa Inggris untuk meningkatkan prestasi peserta didik di SMP IT Bina
Insan Kamil Sidareja Kabupaten Cilacap; 3) Upaya yang dilakukan guru dalam
mengatasi hambatan mengimplementasikan kompetensi pedagogik guru Bahasa
Inggris untuk meningkatkan prestasi peserta didik di SMP IT Bina Insan Kamil
Sidareja Kabupaten Cilacap. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan
tesis ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data
dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Adapun informan
pada penelitian ini meliputi kepala sekolah, pengawas, dan guru. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: 1) Kompetensi pedagogik guru Bahasa Inggris mampu
meningkatkan prestasi peserta didik di SMP IT Bina Insan Kamil Sidareja
Kabupaten Cilacap; 2) Terdapat hambatan-hambatan yang dihadapi guru dalam
mengimplementasikan kompetensi pedagogik guru Bahasa Inggris untuk
meningkatkan prestasi peserta didik di SMP IT Bina Insan Kamil Sidareja
Kabupaten Cilacap; 3) Terdapat upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi
hambatan mengimplementasikan kompetensi pedagogik guru Bahasa Inggris untuk
meningkatkan prestasi peserta didik di SMP IT Bina Insan Kamil Sidareja
Kabupaten Cilacap.