Unigal Repository

MANAJEMEN PERENCANAAN PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK (Studi Kasus di SDN Se-Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis)

Show simple item record

dc.contributor.author Endah, Rekawati
dc.date.accessioned 2024-09-06T04:31:41Z
dc.date.available 2024-09-06T04:31:41Z
dc.date.issued 2024-07-13
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/5230
dc.description.abstract Tesis ini berjudul Manajemen Perencanaan Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru Kelas dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Peserta Didik (Studi Kasus di SDN Se-Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis), Endah Rekawati, NIM. 82362223035. Kualitas pembelajaran peserta didik belum optimal hal ini sesuai dengan data empirik bahwa menurunnya prestasi-prestasi yang diraih oleh peserta didik pada bidang akademik dan non akademik dan kurangnya lulusan tenaga pendidik profesional sehingga diperlukan manajemen perencanaan pengembagnan kompetensi pedagogik guru. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif analisis dengan desain kualitatif. Teknis analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif, melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan triangulasi. Hasil penelitian menginformasikan bahwa (1) Perencanaan pengembangan kompetensi pedagogik di SDN 2 Cieurih, SDN 3 Cieurih dan SDN 1 Jalatrang dibuat berdasarkan atas hasil identifikasi kebutuhan dan visi, misi dan tujuan yang sudah ditetapkan, dalam pelaksanaannanya perencanaan pengembangan kompetensi pedagogik guru dilaksanakan dalam bentuk rapat kerja. (2) Pelaksanaan pengembangan kompetensi pedagogik di SDN 2 Cieurih, SDN 3 Cieurih dan SDN 1 Jalatrang dengan keikutsertaan dalam rapat pengajaran, pembelajaran dan keadministrasian, program forum ilmiah yang diadakan oleh dinas setempat berupa pendidikan dan latihan, pembuatan RPP, KKG, seminar atau workshop. (3) evaluasi Perencanaan pengembangan kompetensi pedagogik lebih menitik beratkan kepada evaluasi kinerja guru melalui kegiatan supervisi dengan penilaian tindakan kelas. Di samping itu kepala sekolah juga mengadakan evaluasi kerja bulanan salah satunya membahas kegiatan yang telah dilaksanakan oleh guru setelah mengikuti kegiatan forum ilmiah di luar sekolah. Rapat bulanan merupakan kontrol terhadap pelaksanaan kegiatan yang akan dilaksanakan sekaligus evaluasi kegiatan yang sudah dilaksanakan sebelumnya. (4) Tindak lanjut pengembangan kompetensi pedagogik guru adalah memberi penghargaan kepada guru yang telah memenuhi standar, melakukan pembinaan dengan melakukan pertemuan antara kepala sekolah dan guru-guru melalui rapat dan tatap muka (face to face) dan melaksanakan program MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) (5) Faktor pendukung, yaitu tenaga Pendidik berpendidikan S1, adanya dana yang tersedia, dan adanya sarana prasarana yang sudah lengkap. Sedangkan faktor penghambatnya adalah segelintir bapak ibu guru yang sudah mendekati pensiun agak sulit atau kurang berminat terhadap kegiatan pengembangan kompetensi tenaga pendidik, selain itu bermasalah dengan waktu yang bersamaan dengan jadwal mengajar. en_US
dc.subject Manajemen, Pengembangan, Kompetensi pedagogik Guru en_US
dc.title MANAJEMEN PERENCANAAN PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK (Studi Kasus di SDN Se-Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account