Abstract:
Penelitian ini berjudul EFEKTIVITAS KOMPETENSI SUPERVISI
MANAJERIAL PENILIK DALAM MENINGKATKAN KINERJA
KEPALA SEKOLAH (Studi Pada Dabin II PAUD Kecamatan Cilacap
Tengah Kabupaten Cilacap), Eka Ratnawati, NIM. 82362223014. Penelitian
ini dilatarbelakangi bahwa peningkatkan mutu pendidikan harus diawali dengan
meningkatkan mutu PAUD yang meliputi kepala sekolah, pendidik dan pengawai
lembaga lainnya. Dalam rangka peningkatan mutu PAUD, selain adanya kepala
sekolah yang memiliki jiwa kepemimpinan, juga sangat diperlukan pelaksanaan
supervisi terhadap pengelolaan lembaga sebagai alat kontrol atau pengendali mutu
dan evaluasi dampak program PAUD. Supervisi pada pendidikan anak usia dini
dilakukan oleh penilik yang menguasai kompetensi. Dengan melaksanakan
kompetensi supervisi manajerial penilik diharapkan dapat membantu serta
memperbaiki mutu pendidikan secara keseluruhan khususnya kinerja kepala
sekolah. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan
tentang: 1) Efektivitas kompetensi supervisi manajerial penilik dalam
meningkatkan kinerja kepala sekolah; 2) Hambatan yang dihadapi; 3) Upaya yang
dilakukan. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan tesis ini adalah
deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan
melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Adapun informan pada
penelitian ini meliputi kepala sekolah, pendidik, penilik, dan Koordinator Wilayah
Bidang Pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Efektivitas
kompetensi supervisi manajerial penilik dalam meningkatkan kinerja kepala
sekolah di Dabin II PAUD Kecamatan Cilacap Tengah Kabupaten Cilacap
ditinjau dari kompetensi pengendalian mutu dan evaluasi dampak sudah
terlaksana cukup baik. Namun demikian, ada aspek yang lemah yaitu kurangnya
kesadaran masyarakat terhadap pendidikan, yang berakibat minimnya pemerhati
pendidikan yang menimbulkan kesan bahwa penyelenggaraan pendidikan hanya
tanggung jawab sekolah. 2) Hambatan yang dihadapi sebagai berikut:
a) Kompetensi penilik sebagai pengendali mutu dan evaluasi dampak belum
optimal. b) Keterlaksanaan kegiatan supervisi manajerial penilik terhadap kepala
sekolah dilakukan belum secara berkelanjutan dan intensif. c) Kinerja kepala
sekolah binaan masih belum optimal. 3) Upaya yang dilakukan sebagai berikut:
a) Perlunya komitmen penilik untuk melaksanakan alur pengendalian mutu dan
evaluasi dampak sesuai prosedur. b) Penilik dalam melaksanakan kompetensi
supervisi manajerial melalui pemantauan dan penilaian ke lembaga dilaksanakan
secara berurutan dengan siklus triwulanan secara berkesinambungan dan intens.
c) Penilik memberikan pembimbingan dan pembinaan baik secara perorangan
maupun kelompok kepada kepala sekolah, memotivasi kepala sekolah mengikuti
pelatihan-pelatihan yang dapat meningkatkan kompetensi kepala sekolah, dan
kepala sekolah proaktif terkait kebijakan pendidikan saat ini.