Abstract:
Penelitian ini berjudul IMPLEMENTASI KINERJA MENGAJAR GURU
DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK
(Studi di SD Negeri Karangjati 04 Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap),
Aris Munawar, NIM. 82362223007. Penelitian ini dilatar belakangi bahwa
dalam konteks proses pembelajaran, kinerja mengajar guru akan membuat kualitas
pembelajaran menjadi lebih bermakna dan memicu prestasi belajar menjadi lebih
optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan: 1)
Implementasi kinerja mengajar guru dalam meningkatkan prestasi belajar peserta
didik ditinjau dari aspek perencanaan pembelajaran; 2) Implementasi kinerja
mengajar guru dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik ditinjau dari
aspek pelaksanaan pembelajaran; 3) Implementasi kinerja mengajar guru dalam
meningkatkan prestasi belajar peserta didik ditinjau dari aspek penilaian dan
evaluasi pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan tesis
ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk mengkaji permasalahan
dan memperoleh makna yang lebih mendalam. Adapun teknik pengumpulan data
dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Sedangkan
informan pada penelitian ini meliputi pengawas, kepala sekolah, guru dan peserta
didik. Teknik analisis data dilakukan melalui rediksi data, penyajian data, dan
penarikan simpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)
Implementasi kinerja mengajar guru di SD Negeri Karangjati 04 Kecamatan
Sampang Kabupaten Cilacap ditinjau dari aspek perencanaan pembelajaran sudah
optimal. Hal ini terbukti dari perencanaan pembelajaran yang dilakukan dengan
menyusun bahan ajar/materi pelajaran, mengembangankan silabus sesuai dengan
kondisi dan kebutuhan belajar peserta didik, dan menyusun rencana pelaksanaan
pembelajaran (RPP) secara sistematis, jelas dan realistis sehingga dapat
meningkatkan prestasi belajar peserta didik; 2) Implementasi kinerja mengajar
guru dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di SD Negeri Karangjati
04 Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap ditinjau dari aspek pelaksanaan
pembelajaran sudah optimal. Hal ini terbukti dari pelaksanaan pembelajaran yang
dilakukan dengan memilih strategi pembelajaran dan menggunakan metode
pembelajaran dengan terlebih dahulu disesuaikan dengan karakteristik peserta
didik, karakteristik materi pelajaran, ketersediaan sarana belajar dan alokasi waktu
pembelajaran, serta menggunakan media belajar dan mendaya gunakan semua
sumber belajar yang ada di lingkungan sekitar; 3) Implementasi kinerja mengajar
guru dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di SD Negeri Karangjati
04 Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap ditinjau dari aspek penilaian dan
evaluasi pembelajaran sudah optimal. Hal ini terbukti dari penilaian dan evaluasi
pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan 3 teknik penilaian yaitu tes
tertulis, tes lisan dan tes perbuatan, melakukan pengelolaan hasil penilaian dan
merancang program tindak lanjut serta membuat program pengayaan dan
remidial.