Abstract:
DEWI MUTIAH, NIM. 3403200063. “Pengaruh Pengungkapan Corporate
Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas
Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sektor
Aneka Industri Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2022)”.
Di bawah bimbingan Dede Abdul Rozak, S.E., M.M (Pembimbing I) dan
Benny Prawiranegara, S.E., M.M (Pembimbing II).
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana Pengaruh
Pengungkapan Corporate Social Responsibility di Perusahaan Manufaktur Sektor
Aneka Industri?; 2) Bagaimana Nilai Perusahaan di Perusahaan Manufaktur Sektor
Aneka Industri?; 3) Bagaimana Profitabilitas di Perusahaan Manufaktur Sektor
Aneka Industri?; 4) Bagaimana Pengaruh Pengungkapan Corporate Social
Responsibility terhadap Nilai Perusahaan di Perusahaan Mnufaktur Sektor Aneka
Industri?; dan 5) Bagaimana Pengaruh Pengungkapan Corporate Social
Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel
Pemoderasi di Perusahaan Manufaktur Sektor Aneka Industri?. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Pengaruh Pengungkapan Corporate
Social Responsibility di Perusahaan Manufaktur Sektor Aneka Industri?; 2) Nilai
Perusahaan di Perusahaan Manufaktur Sektor Aneka Industri?; 3) Profitabilitas di
Perusahaan Manufaktur Sektor Aneka Industri?; 4) Pengaruh Pengungkapan
Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan di Perusahaan
Mnufaktur Sektor Aneka Industri?; dan 5) Pengaruh Pengungkapan Corporate
Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai
Variabel Pemoderasi di Perusahaan Manufaktur Sektor Aneka Industri?.
Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah
data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumen.
Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah Statistik deskriptif, uji
asumsi klasik menggunakan uji normalitas, uji multikolinearitas, uji
heteroskedastisitas dan uji autokorelasi, uji hipotesis meliputi analisis koefisien
korelasi, analisis linear berganda (Moderated Regression Analysis), koefisien
determinasi, dan uji statistik t.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa Pengungkapan Corporate Social
Responsibility (CSR) terbukti tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap
Nilai Perusahaan. Variabel Profitabilitas sebagai Variabel moderanting terbukti
tidak dapat memperkuat/memoderasi hubungan Pengungkapan Corporate Social
Responsibility (CSR) dan Nilai Perusahaan.