dc.description.abstract |
ABSTRAK
Ilsa Aulia, NIM. 3402200220, “ANALISIS DIGITALISASI EKONOMI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN UMKM (Suatu Studi pada UMKM Beledag Jagara Kawali) ”. Dibawah bimbingan Dr. Nurdiana Mulyatini, S.E., M.M (Pembimbing 1), dan Lia Yulia, S.T., M.M (Pembimbing II).
Penelitian ini dilatarbelakangi perkembangan ekonomi digital yang di terapkan oleh UMKM Beledag Jagara Kawali yaitu perkembangannya masih belum baik di bidang sistem ekonomi digitalnya. Yang mana bisa mengakibatkan terhadap penjualan produk pada UMKM Beledag Jagara Kawali berujung pada tingkat pendapatan yang kurang optimal. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini : 1) Bagaimana digitalisasi ekonomi bagi UMKM Beledag Jagara Kawali? 2) Bagaimana pendapatan UMKM Beledag Jagara Kawali? 3) Bagaimana analisis digitalisasi ekonomi dalam meningkatkan pendapatan UMKM Beledag Jagara Kawali?. Dan adapun dari tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui digitalisasi ekonomi bagi UMKM Beledag Jagara Kawali. 2) Untuk mengetahui pendapatan UMKM Beledag Jagara Kawali. 3) Untuk mengetahui analisis digitalisasi ekonomi dalam meningkatkan pendapatan UMKM Beledag Jagara Kawali. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, studi pustaka dan wawancara dengan metode triangulasi. Dari hasil penelitian dapat ditarik suatu kesimpulan sebagai berikut : 1) Digitalisasi ekonomi UMKM Beledag Jagara masih dalam tahap awal adopsi dan implementasi. Pengetahuan digital yang terbatas, penggunaan teknologi yang minim dan kurangnya pemahaman tentang virtualisasi dan konvergensi teknologi menghambat kemajuan digitalisasi. 2) Pendapatan harian UMKM Beledag Jagara sebelum dan setelah adopsi teknologi digital belum menunjukan perubahan signifikan. 3) Analisis menunjukkan bahwa digitalisasi ekonomi memiliki potensi besar untuk meningkatkan pendapatan UMKM Beledag Jagara, namun saat ini dampak positifnya belum maksimal. Kemudian adapun dengan sarannya yaitu : 1) Untuk meningkatkan keterampilan digital, UMKM Beledag Jagara perlu meningkatkan pelatihan dan workshop yang berfokus pada pemasaran digital. 2) Implementasi teknologi yang terintegrasi menjadi penting, seperti mengadopsi sistem manajemen bisnis berbasis digital untuk meningkatkan efisiensi operasional dan pelacakan pendapatan. 3) Strategi pemasaran digital yang efektif, seperti memanfaatkan media sosial dan kampanye digital, dapat membantu meningkatkan visibilitas dan menarik lebih banyak pelanggan.
Kata Kunci : Ekonomi Digital, Pendapatan UMKM |
en_US |