Unigal Repository

OPTIMALISASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SENI BUDAYA DALAM PENCAPAIAN PRESTASI AKADEMIK PESERTA DIDIK (Studi Kasus di SMP Negeri 6 Tasikmalaya)

Show simple item record

dc.contributor.author Ganjar Saiful, Mutaqin
dc.date.accessioned 2024-08-30T07:11:19Z
dc.date.available 2024-08-30T07:11:19Z
dc.date.issued 2024-06-15
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/5109
dc.description.abstract Guru adalah salah satu faktor yang mempengaruhi terciptanya pendidikan yang berkualitas, oleh karena itu guru harus memiliki empat kompetensi salah satunya adalah kompetensi pedagogik yaitu kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran yang berhubungan dengan peserta didik. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran umum kompetensi pedagogik guru seni budaya SMP Negeri 6 Tasikmalaya dalam pencapaian prestasi akademik peserta didik? (2) Bagaimana hambatan dalam ketercapaian kompetensi pedagogik guru seni budaya SMP Negeri 6 Tasikmalaya dalam pencapaian prestasi akademik peserta didik? (3) Bagaimana upaya untuk mengoptimalisasi kompetensi pedagogik guru seni budaya SMP Negeri 6 Tasikmalaya dalam pencapaian prestasi akademik peserta didik? Penelitian ini menggunakan metote penelitian kualitatif. Lokasi penelitian yaitu di SMP Negeri 6 Tasikmalaya. Pemilihan tempat berada di SMP Negeri 6 Tasikmalaya dilatar belakangi karena kebaradaan SMP Negeri 6 Tasikmalaya yang merupakan salah satu sekolah menengah pertama favorit di Kota Tasikmalaya yang banyak menghasilkan bebrbagai macam prestasi. Teknik dalam pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa teknik yaitu: (1) observasi (2) wawancara (3) dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi pedagogik yang meliputi perencanan, pembelajaran dan evaluasi sudah dimiliki oleh semua guru seni budaya di SMP Negeri 6 Tasikmalaya. Juga sangat penting Guru dalam mengoptimalkan teknologi dalam pembelajaran sehingga pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik kepada peserta didik. Hambatan-hambatan yang dihadapi oleh Guru Seni Budaya SMP Negeri 6 Tasikmalaya untuk mengoptimalkan kompetensi pedagogik dalam Pencapaian prestasi akademik peserta didik yaitu a) banyaknya administrasi pembelajaran yang dikerjakan, b) Guru Seni Budaya yang mengajar lintas keilmuan seni budaya, c) Aktualisasi peserta didik yang kurang maksimal, d) Pemanfaatan teknologi yang kurang maksimal. Upaya-upaya dalam mengatasi hambatan yang dihadapi oleh Guru Seni Budaya SMP Negeri 6 Tasikmalaya untuk mengoptimalkan kompetensi pedagogik dalam pencapaian prestasi akademik peserta didik yaitu a) memperingkas administrasi pembelajaran, b) Sering berbagi praktik belajar antar sesama guru seni budaya dan berkolaborasi dengan guru lain, c) pendekatan yang baik kepada peserta didik, d) Pemanfaatan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi peserta didik. en_US
dc.subject Kompetensi Pedagogik Guru, Prestasi Akademik en_US
dc.title OPTIMALISASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SENI BUDAYA DALAM PENCAPAIAN PRESTASI AKADEMIK PESERTA DIDIK (Studi Kasus di SMP Negeri 6 Tasikmalaya) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account