dc.description.abstract |
Tesis ini berjudul PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN
DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN (Studi Kasus
Pada Pasien Unit Pelaksana Teknis Dinas Puskesmas Sadananya), Faridah
Siti Luthfiana, NIM. 82302223036. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap kepuasan
pasien. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 responden.
Metode pengambilan sampel dengan menggunakan teknik accidental sampling.
Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang
digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan uji validitas dan uji
realibilitas, uji F, koefisien determinasi, uji t dan analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan uji t, pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan
pasien secara parsial diperoleh nilai 7,968, sedangkan pengaruh kepercayaan
terhadap kepuasan pasien secara parsial diperoleh nilai 5,350. Secara simultan
pengaruh kualitas pelayanan kesehatan dan kepercayaan terhadap kepuasan
pasien berdasarkan uji F diperoleh nilai 128,788. Penelitian ini menyimpulkan
kualitas pelayanan dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kepuasan pasien UPTD Puskesmas Sadananya baik secara parsial maupun
simultan. Saran dari penelitian ini antara lain, pihak kepala UPTD Puskesmas
Sadananya melakukan evaluasi secara berkala untuk mempertahankan pelayanan
yang diberikan kepada pasien, serta mengingatkan kepada petugas kesehatan
untuk selalu menunjukkan sikap yang ramah dan berbaik hati dalam melayani
pasien demi kepuasan pasien. |
en_US |