Unigal Repository

RANCANGAN STRATEGI PEMASARAN LAYANAN JIMS (JABARLINK INTERNET MANAGED SERVICE) DI PERHOTELAN PANGANDARAN DALAM MENINGKATAN KEUNGGULAN KOMPETITIF DAN PREFERENSI TAMU

Show simple item record

dc.contributor.author Cinky, Priyanto
dc.date.accessioned 2024-08-30T05:46:40Z
dc.date.available 2024-08-30T05:46:40Z
dc.date.issued 2024-06-15
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/5096
dc.description.abstract Internet Service Provider (ISP) sangat penting bagi sebuah hotel karena menyediakan akses internet yang handal dan cepat merupakan kebutuhan dasar bagi tamu-tamu modern. Jabarlink sebagai perusahaan ISP dikenal aktif dalam memasarkan produk JIMS (Jabarlink Internet Managed Service) di daerah Pangandaran, namun masih memerlukan strategi yang lebih baik agar dapat mengekspansi daerah lain. Banyaknya perusahaan ISP juga melakukan upaya pemasaran dengan berbagai macam strategi yang menjadikan Jabarlink harus bekerja lebih keras dalam mencari strategi yang ideal dalam memasarkan layanannya. Strategi yang tepat sangat diperlukan Jabarlink untuk memasarkan produk JIMS yang saat ini memiliki potensi yang baik untuk hotel yang ingin meningkatkan keunggulan kompetetif dan preferensi tamu. Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi pemasaran layanan JIMS di perhotelan Pangandaran dalam meningkatkan keunggulan kompetitif dan preferensi tamu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan 15 informan yang berasal dari pengelola hotel yang berbeda. Terdapat 100 orang pelanggan hotel di pangandaran juga terlibat dalam penelitian ini khusunya dalam proses wawancara menggunakan angket online user. Teknik observasi partisipatif dan dokumentasi juga dimanfaatkan untuk mengumpulkan data. Dengan mengembangkan tahapan pengolahan data dari model analisis interaktif Miles dan Huberman, penelitian ini menemukan bahwa Perusahaan ISP seperti Jabarlink perlu melakukan tiga kegiatan dalam proses pemasarannya, yaitu: Inovasi pada produk untuk menghindari ancaman produk pengganti, komunikasi efektif dan kreatif, dan segmentasi pasar dan penawaran harga yang tepat. Selanjutnya, dalam konteks analisis pasar dan segmentasi pelanggan, penerapan Teori Blue Ocean Strategy dirasa sangat tepat mengingat layanan JIMS sebagai sebuah layanan yang memiliki konsep unik di dunia ISP. Terkait branding, Jabarlink dapat menerapkan budaya menyenangkan konsumen dengan penekanan lebih besar pada komunikasi internal dan peningkatan sumber daya internal melalui pelatihan. Jabarlink juga perlu mengadopsi teori market penetration pricing dalam menetapkan harga. Dengan menerapkan strategi di atas, Jabarlink dapat memasarkan produknya dengan baik sehingga bepeluang untuk meningkatkan keunggulan kompetitif dan preferensi tamu di industri perhotelan. en_US
dc.subject Internet Service Provider; strategi pemasaran; keunggulankompetitif; preferensi tamu en_US
dc.title RANCANGAN STRATEGI PEMASARAN LAYANAN JIMS (JABARLINK INTERNET MANAGED SERVICE) DI PERHOTELAN PANGANDARAN DALAM MENINGKATAN KEUNGGULAN KOMPETITIF DAN PREFERENSI TAMU en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account