dc.description.abstract |
Tesis ini berjudul “Pengaruh Kualitas Pelayanan
Identitas Kepedudukan Digital (IKD) Terhadap Kepuasan
Pemohon Pada UPTD Yandukcapil Majenang Dinas
Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Cilacap”, Arip
DARMAWAN, NIM: 82342223003. Pemerintah Daerah dituntut
untuk mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat secara efektif,
efisien dan akuntabel sebagai konsekuensi atas kewajiban masyarakat
untuk membiayai pelayanan yang dituntut oleh masyarakat. Pelayanan
administrasi kependudukan merupakan salah satu pelayanan dasar yang
menjadi hak setiap warga negara sehingga setiap masyarakat memiliki
identitas kewarganegaraan yang sah. Fenomena yang terjadi
menunjukkan bahwa tingginya minat masyarakat terhadap memiliki
dokumen kependudukan belum diprediksi dengan baik oleh layanan
yang memenuhi harapan. Berbagai hambatan muncul dalam upaya
menyelenggarakan pelayanan administrasi kependudukan yang
berkualitas. Masih banyak keluhan yang tersebar di tengah masyarakat
mengenai pelayanan administrasi kependudukan. Tujuan penelitian
yang dilakukan adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan
terhadap kepuasan pemohon pada UPTD Yandukcapil Majenang Dinas
Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Cilacap. Penelitian ini
menggunakan kuantitatif yang selanjutnya data diinterpretasi sehingga
menghasilkan data deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data
menggunakan angket, dan analisis data menggunakan regresi linear.
Hasil penenelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh
positif terhadap kepuasan pemohon. Artinya apabila kualitas pelayanan
semakin baik, maka kepuasan pemohon juga akan semakin meningkat,
begitu pula sebaliknya. |
en_US |