Unigal Repository

PENATAAN RUANG KANTOR DI DINAS KETENAGAKERJAAN KABUPATEN PANGANDARAN

Show simple item record

dc.contributor.author RANI, ZAIRA ZAZKIA
dc.date.accessioned 2024-08-26T05:48:01Z
dc.date.available 2024-08-26T05:48:01Z
dc.date.issued 2024-08-26
dc.identifier.other ZAIRA ZAZKIA RANI
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/5030
dc.description.abstract PENATAAN RUANG KANTOR DI DINAS KETENAGAKERJAAN KABUPATEN PANGANDARAN Zaira Zazkia Rani Administrasi Publik, Universitas Galuh, Ciamis, Indonesia Email : zzazkiarann@gmail.com ABSTRAK Menata ruang kantor merupakan kebutuhan dari perkantoran modern saat ini. Tata ruang merupakan pengaturan dan penyusunan seluruh mesin kantor, alat perlengkapan kantor serta perabot kantor pada tempat yang tepat, sehingga pegawai dapat bekerja dengan baik, nyaman, leluasa dan bebas untuk bergerak, sehingga tercapai efesiensi kerja. Oleh karena itu, diperlukan adanya suatu pemikiran untuk dapat menciptakan kantor dengan suasana yang nyaman, teratur, aman dengan fasilitas yang memang diperlukan oleh kegiatan kantor tersebut. Penelitian ini di fokuskan di Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Pangandaran. Dari pengamatan penulis, keberadaan sekarang untuk kantor Dinas Ketenagakerjaan Pangandaran merupakan sebuah rumah pribadi yang disewa oleh pemerintah, sehingga belum tertata sebagaimana yang diperlukan sebuah kantor yang berfungsi secara ideal. Kondisi ini terkadang menciptakan ketidaknyamanan dalam melaksanakan sistem kerja dan koordinasi kerja sehingga optimalisasi kinerja menjadi terhambat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami, mengetahui dan menganalisis tata ruang kantor di Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Pangandaran. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data yang digunakan menggunakan data primer dan data sekunder yang di lakukan melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan/ analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan data collection (pengumpulan data), data reduction (reduksi data), data display (Penyajian data) dan Conclusion Drawing/Verification (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penataan ruang kantor di Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Pangandaran belum dilaksanakan secara optimal jika dianalisis berdasarkan empat dimensi utama dari teknik penataan ruang kantor yang ideal. Meskipun telah ada upaya untuk mengatur dan menyusun ruang kerja, kondisi saat ini masih jauh dari yang diharapkan, terutama dalam hal efisiensi kerja, kenyamanan, dan fungsionalitas. Analisis yang mendalam terhadap teknik penataan ruang menunjukkan bahwa ada berbagai aspek yang perlu diperbaiki agar tata ruang kantor dapat mendukung kegiatan administrasi dengan lebih efektif dan efisien. en_US
dc.description.sponsorship Risnawan,Wawan; Juliarso, Ahmad en_US
dc.language.iso en en_US
dc.publisher Fakultas Ilmu Sosial dan Politik en_US
dc.subject penataan;ruang;kantor en_US
dc.title PENATAAN RUANG KANTOR DI DINAS KETENAGAKERJAAN KABUPATEN PANGANDARAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account