dc.contributor.author |
Andini, Siti |
|
dc.contributor.author |
Sudarto, Sudarto |
|
dc.date.accessioned |
2024-08-15T16:51:53Z |
|
dc.date.available |
2024-08-15T16:51:53Z |
|
dc.date.issued |
2024-06-30 |
|
dc.identifier.citation |
Andini, S., & Sudarto, S. (2024). Menjelajahi Representasi Lingkungan Dalam Karya Sastra Sebagai Inspirasi Untuk Pemahaman Dan Tindakan Ekologis. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 5(2). 334-342. doi: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i2.14396 |
en_US |
dc.identifier.issn |
2722-6069 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/4768 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk menjelajahi representasi lingkungan dalam karya sastra sebagai sumber inspirasi untuk pemahaman dan tindakan ekologis. Sastra telah lama menjadi cermin hubungan manusia dengan alam dan tantangan ekologis yang dihadapi masyarakat modern. Peneliti mengumpulkan dan menganalisis karya sastra yang berfokus pada cerita pendek karya A. Warits Rovi yang menggambarkan beragam aspek lingkungan, termasuk kerusakan alam, kehidupan berkelanjutan, dan keterhubungan manusia dengan alam. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis sastra dan ekolinguistik sebagai metodenya untuk memahami cara penulis menggunakan bahasa dan narasi untuk merepresentasikan lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karya sastra dapat membangkitkan empati terhadap alam, memperluas wawasan tentang ketergantungan manusia pada ekosistem, dan mendorong tindakan proaktif untuk menjaga lingkungan. Karya sastra sebagai alat untuk meningkatkan kesadaran ekologis dan mempromosikan perubahan perilaku yang dapat menggugah pemikiran kritis tentang masalah ekologi, serta mempengaruhi sikap dan tindakan yang bertanggung jawab terhadap alam. Karya sastra memiliki peran kunci membangun hubungan yang lebih baik antara manusia dan alam, memotivasi upaya kolektif untuk mencapai keberlanjutan dan pelestarian lingkungan serta menerapkan pembelajaran dalam praktik sehari-hari. Penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran lingkungan di Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi agar siswa dan mahasiswa mencintai alam dan tidak melakukan eksploitasi lingkungan. |
en_US |
dc.publisher |
J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) |
en_US |
dc.relation.ispartofseries |
5;2 |
|
dc.subject |
sastra |
en_US |
dc.subject |
ekolinguistik |
en_US |
dc.subject |
representasi lingkungan |
en_US |
dc.subject |
pemahaman ekologis |
en_US |
dc.subject |
tindakan ekologis |
en_US |
dc.title |
Menjelajahi Representasi Lingkungan Dalam Karya Sastra Sebagai Inspirasi Untuk Pemahaman Dan Tindakan Ekologis |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |