Unigal Repository

Peningkatan apresiasi siswa terhadap nilai-nilai kearifan lokal dalam pembelajaran sejarah dengan media tradisi sedekah laut Cilacap

Show simple item record

dc.contributor.author Sudarto, Sudarto
dc.date.accessioned 2024-08-15T15:32:19Z
dc.date.available 2024-08-15T15:32:19Z
dc.date.issued 2021-09-30
dc.identifier.issn 2355-5726
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/4759
dc.description.abstract Penelitian bertujuan meningkatkan apresiasi siswa terhadap nilai-nilai kearifan lokal dengan dampak pengiringnya peningkatan hasil belajar sejarah. Model pembelajaran yang digunakan adalah model kooperatif tipe group investigation berbantu media tradisi sedekah laut Cilacap. Penelitian ini merupakan Classroom Action Research dengan tiga siklus tindakan. Prosedur kerja pelaksanaan tindakan melalui enam langkah GI dengan lima kegiatan yakni: 1) Apresiasi (langkah 1 GI); (2) eksplorasi (langkah 2 dan 3 GI); (3) elaborasi (langkah 4 dan 5 GI); (4) konfirmasi (langkah 6 GI); dan (5) penutup. Adapun teknik pengumpulan data yaitu; observasi, dokumentasi, wawancara, test, dan angket. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMA Islam Darul Ulum Cipari pada kelas X.IPS Tahun Ajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penerapan model kooperatif tipe GI dengan media tradisi sedekah laut efektif meningkatkan hasil belajar sejarah dari Nilai rata-rata 6,00 dengan ketuntasan hasil belajar 40,63% presentasi hasil prestasi 75,00% pada siklus I, mengalami peningkatan menjadi 7,08 dengan ketuntasan belajar 78,13% presentasi hasil prestasi 83,27% pada siklus II, dan meningkat kembali menjadi 7,88 dengan ketuntasan 93,75% presentasi hasil belajar 87,50%; (2) Penerapan pembelajaran ini meningkatkan apresiasi siswa, terlihat dengan presentase peningkatan skala sikap 84,37% (siklus I), menjadi 93,75% (siklus II), pada siklus III sebesar 96,88%. en_US
dc.publisher Jurnal Artefak en_US
dc.relation.ispartofseries 8;2
dc.subject Nilai-nilai Kearifan Lokal; Tradisi sedekah Laut; Kooperatif Tipe Group Investigation en_US
dc.title Peningkatan apresiasi siswa terhadap nilai-nilai kearifan lokal dalam pembelajaran sejarah dengan media tradisi sedekah laut Cilacap en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

  • Jurnal Artefak
    The Jurnal Artefak was first published in 2014 based on a decree. ISSN 0005.0188/JI.3.2/SK.ISSN/2014.03 and ISSN: 2355-5726. The Jurnal Artefak also has an electronic ISSN: 2580-0027. Since 2017 with SK ISSN 0005.25800027/JI.3.1/SK.ISSN/2017.05 (19 May 2017). Every year the Jurnal Artefak publishes twenty articles for two issues in April and September. The focus of the studies carried out in this publication include history, historiography, educational history, and socio-culture. Currently the editorial staff of the Artifact Journal led by Aan Suryana, S.Pd., M.Pd. The editorial staff of the Jurnal Artefak is located in the Department of History Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Galuh at the FKIP Building 3rd floor, Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis, 46274 West Java. email: jurnalartefak@unigal.ac.id.

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account