Abstract:
Penelitian ini berjudul “Analisis Semiotika dalam Drama Korea Twinkling Watermelon (Alternatif Pengayaan Bahan Ajar dalam Menganalisis Isi dan
Kebahasaan Drama)”. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan semiotika
dalam drama Korea Twinkling Watermelon, (2) memperkaya bahan ajar yang
berkaitan dengan semiotika dan isi drama. Sumber data yang digunakan adalah
serial drama Korea Twinkling Watermelon. Cara pengumpulan data dilakukan
dengan teknik observasi, telaah pustaka, analisis dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa semiotika terdapat 3 aspek. Aspek ikon meliputi indikator
tanda yang dapat diamati berupa gambar, foto, suara, lalu terdapat tanda yang mirip
antara benda aslinya dengan yang di presentasikan, dan tanda mempunyai dua
acuan yang di acu tanda yang sama. Aspek indeks meliputi indikator tanda yang
memiliki hubungan sebab-akibat. Aspek simbol mempunyai indikator tanda yang
berisi penalaran, pemikiran, dan pemerasaan, lalu tanda dan acuannya bersifat
konvesional dan kesepakatan sosial.
Hasil analisis membuktikan semiotika dalam drama Korea Twinkling
Watermelon tersebut dapat digunakan sebagai alternatif pengayaan bahan ajar. Hal
tersebut menjadi acuan untuk mempelajari semiotika yang terkandung dalam drama
dengan kriteria bahan ajar. Aspek keberadaan isi sesuai kurikulum yang digunakan.
Aspek penyajian materi disajikan dengan ilustrasi berupa tayangan drama dan
naskah drama. Aspek keterbacaan meliputi penggunaan bahasa yang disesuaikan
dengan peserta didik.