Abstract:
Penelitian berjudul Kritik sosial dalam novel Hello karya Tere Liye
(Pengembangan Bahan Ajar Menganalisis Isi dan Kebahasaan Pada Novel).
Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini yaitu karena dengan adanya
permasalahan yang dialami seorang tokoh cerita terkait dengan isu-isu berupa
masalah sosial dimasyarakat dengan cerita yang menarik. Dari kemenarikkan
tersebut seorang pembaca dapat memperoleh kritik terhadap nilai sosial yang
dapat diambil dan berdasarkan analisis buku paket bahasa Indonesia kelas XII
edisi revisi 2018 ini terdapat pembelajaran berkenaan dengan teks Novel, KD. 3.9
Menganalisis isi dan kebahasaan novel. Namun, pada buku tersebut yang
digunakan masih kurang menarik dan minat siswa terhadap bahan ajar yang masih
kurang bervariasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kritik
sosial dalam novel Hello karya Tere Liye guna dijadikan sebagai alternatif bentuk
pengembangan bahan ajar khususnya dalam menganalisis isi dan kebahasaan
novel yang berdimensi kritik sastra. Metode yang digunakan adalah metode
deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah novel dan yang
menjadi data dari penelitian ini yaitu berupa kata-kata, kutipan-kutipan atau
kalimat deskripsi pada sebuah novel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian
ini yaitu menggunakan teknik observasi, teknik studi pustaka, teknik analisis, dan
teknik dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat
enam kritik sosial yang berjumlah 24 data yang ditemukan dalam novel Hello
karya Tere Liye yang meliputi: 1). Aspek kritik sosial masalah ekonomi berjumlah
2 data berupa kutipan deskripsi; 2). kritik sosial masalah pendidikan berjumlah 4
data berupa kutipan deskripsi; 3). kritik sosial masalah moral berjumlah 7 data
berupa kutipan deskripsi; 4).kritik sosial masalah disorganisasi keluarga
berjumlah 5 data berupa kutipan deskripsi; 5). kritik sosial masalah hukum
berjumlah 3 data berupa kutipan deskripsi dan 6). kritik sosial masalah gender
berjumlah 3 data berupa kutipan deskripsi. Kemudian, hasil analisis dan
pembahasan membuktikan bahwa kritik sosial dalam novel Hello karya Tere Liye
tersebut dapat dijadikan sebagai bentuk model bahan ajar, karena dapat menjadi
acuan untuk mempelajari jenis-jenis kritik sosial yang bisa dikaitkan dengan Kd.
3.9 menganalisis isi dan kebahasaan pada teks novel dikelas XII jenjang
SMA/MA yang lebih lengkap dan berkembang sesuai dengan prinsip-prinsip
pemilihan bahan ajar yang meliputi: Prinsip relevansi, prinsip konsistensi dan
prinsip kecukupan.