Abstract:
Penelitian ini berjudul “Gaya Bahasa Sarkasme Netizen dalam Kolom Komentar Di Akun Instagram Gibran_Rakabuming (Pengembangan Bahan Ajar Teks Debat)”. Permasalahan yag dikaji dirumuskan dalam bentuk rumusan masalah berikut. (1) bagaimana karakteristik gaya bahasa sarkasme netizen dalam kolom komentar di akun Instagram Gibran_Rakabuming? (2) bagaimana pengembangan bahan ajar yang berkaitan dengan gaya bahasa sarkasme dalam teks debat?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan Gaya Bahasa Sarkasme dalam Kolom Komentar di Akun Instagram Gibran_Rakabuming danmendeskripsikan pengembangan bahan ajar yang berkaitan dengan gaya bahasa sarkasme yaitu pengembangan bahan ajar teks debat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data penelitian berasal dari komentar netizen terhadap unggahan Instagram Gibran_Rakabuming. Pengumpulan data ini menggunakan teknik baca dan catat. Hasil penelitian gaya bahasa sarkasme yang digunakan netizen pada kolom komentar akun Instagram Gibran_Rakabuming yaitu terdapat gaya bahasa sarkasme sifat digunakan netizen dalam penyampaian sifat-sifat buruk seseorang atau kelompok dengan menggunakan kata atau kalimat kasar, sarkasme tindakan digunakan netizen untuk menyampaikan kalimat kasar atau umpatan terhadap suatu tindakan yang dilakukan yang tidak dianggap menyenangkan, sarkasme hasil dari tindakan digunakan netizen untuk mengolok olok seseorang atau kelompok atas hasil dari tindakan yang telah dilakukan yang dinilai tidak memuaskan, sarkasme himbauan digunakan netizen menonjolkan himbauan kasar terhadap seseorang, dan sarkasme sebutan digunakan oleh netizen dengan kalimat kasar yang bernada mengejek dengan sebutan yang tidak sopan. Hasil penelitian ini membuktikan gaya bahasa sarkasme dalam kolom komentar akun Instagram Gibran_Rakabuming dapat dijadikan sebagai pengembangan bahan ajar dalam pembelajaran khsusunya pada jenjang SMA kelas X dalam mempelajari teks debat. Hasil penelitian sesuai dengan prinsip relevansi karena bahan ajar ada kaitan langsung dengan tujuan pembelajaran dan kebutuhan siswa karena adanya contoh teks debat tentang penggunaan sarkasme di media sosial dengan menggunakan komentar sarkastik dari kolom komentar Instagram Gibran Rakabuming untuk mengilustrasikan gaya bahasa sarkasme. Kesesuaian prinsip konsistensi bahan ajar sudah terorganisir dengan baik dan tidak bertentangan sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa. Kesesuaian prinsip kecukupan bahan ajar sudah mencakup informasi yang cukup untuk membantu siswa mencapai kompetensi dasar adanya materi lengkap mengenai definisi, contoh dan analisis gaya bahasa sarkasme.
Kata Kunci: gaya bahasa rarkasme, debat, bahan ajar.