Abstract:
Dina Rahayu Agustini, 2108200020, Program Studi Pendidikan Bahasa
Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh Ciamis.
Penelitian ini berjudul “Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Komunitas
Roleplay di Platform Facebook”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1)
bagaimana penggunaan bahasa Indonesia dalam komunitas roleplay di platfrom
Facebook? (2) bagaimana alternatif pengembangan bahan ajar yang berkaitan
dengan penggunaan bahasa Indonesia untuk pembelajaran teks berita?. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan bahasa Indonesia dalam
komunitas roleplay di platform Facebook dan mendeskripsikan alternatif
pengembangan bahan ajar yang berkaitan dengan pengggunaan bahasa Indonesia
untuk pembelajaran teks berita. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi
pustaka, teknik simak catat, dan teknik analisis. Hasil penelitian terhadap
penggunaan bahasa Indonesia dalam komunitas roleplay di platform Facebook dapat
disimpulkan bahwa penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan bahasa
Indonesia dalam komunitas roleplay di platform Facebook cenderung belum
sepenuhnya mematuhi kaidah kebahasaan dalam memposting atau berkomentar,
menyebabkan kekeliruan bagi anggota yang sedang belajar bahasa Indonesia yang
benar. Penggunaan ejaan sudah umum digunakan, namun masih terdapat kekurangan
dalam penerapannya. Pilihan kata sudah hampir memenuhi prinsip diksi menurut
Keraf. Dalam komunitas tersebut, roleplayer cenderung menyusun kalimat yang
fungsi sintaksisnya sudah sesuai, sehingga pembaca mudah memahami pesan yang
dimaksudkan oleh penulis, namun ada beberapa yang fungsi sintaksisnya belum
sesuai, sehingga perlu diperbaiki untuk memperjelas maksud dari pesan yang
disampaikan. Hasil penelitian ini membuktikan penggunaan bahasa Indonesia dalam
komunitas roleplay di platform Facebook dapat dijadikan sebagai pengembangan
bahan ajar dalam pembelajaran khususnya pada jenjang SMP kelas VIII dalam
mempelajari struktur dan kebahasaan teks berita. Hasil penelitian ini juga dapat
disimpulkan bahan ajar yang dikembangkan berdasarkan penelitian ini memenuhi
prinsip relevansi, karena bahan ajar dari penggunaan bahasa Indonesia dalam
komunitas roleplay di Facebook relevan dengan tujuan pembelajaran karena
menyediakan konteks nyata dan interaktif, sehingga membuat pembelajaran lebih
hidup dan bermakna. Prinsip yang kedua yaitu prinsip konsistensi, yakni penggunaan
bahasa Indonesia dalam komunitas ini konsisten dengan kompetensi dasar yang
harus dikuasai siswa, khususnya dalam penggunaan ejaan, diksi, dan struktur kalimat
yang benar. Prinsip yang ketiga adalah kecukupan, yakni materi yang dihasilkan dari
penelitian ini cukup memadai untuk membantu siswa memahami dan menguasai
aspek-aspek kebahasaan penting dalam teks berita, seperti ejaan, diksi, dan struktur
kalimat.
Kata Kunci: Bahasa Indonesia, Roleplay, Facebook, Bahan Ajar