Unigal Repository

Pengaruh Metode Resitasi Berbantu Jobsheet Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

Show simple item record

dc.contributor.author Nurcahyani Putri, Helmalisa
dc.date.accessioned 2024-08-05T01:57:56Z
dc.date.available 2024-08-05T01:57:56Z
dc.date.issued 2024-08-04
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/4640
dc.description.abstract Helmalisa Nurcahyani Putri (2107200009). Pengaruh Metode Pembelajaran Resitasi Berbantu Jobsheet Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Lembaga di SMA Negeri 1 Banjar. Penulisan skripsi ini dibawah bimbingan ibu Rita Patonah, S.Pd.,M.Pd. selaku pembimbing 1 dan Ibu Ilah, S.Pd.,M.Pd. selaku pembimbing 2. Rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran Akuntansi Keuangan Lembaga di SMK Negeri 1 Banjar merupkan permasalahan yang harus segera diatasi. Rendahnya hasil belajar dilatar belakangi oleh berbagai faktor diantaranya penggunaan metode pembelajaran yang belum optimal. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar yaitu dengan menerapkan metode pembelajaran resitasi berbantu jobsheet. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui : 1) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode resitasi berbantu jobsheet pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest); 2) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode ceramah pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest); 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode resitasi berbantu jobsheet dengan yang menggunakan metode ceramah pada saat pengukuran akhir (posttest). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan desain nonequevalent control grup design. Analisis data menggunakan Uji t. Penelitian ini menghasilkan simpulan : 1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran resitasi berbantu jobsheet pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) dikelas eksperimen; 2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) dikelas kontrol; 3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran resitasi berbantu jobsheet dengan yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada penguuran akhir (posttest). en_US
dc.description.sponsorship Patonah, Rita. Ilah en_US
dc.subject metode resitasi, jobsheet, hasil belajar. en_US
dc.title Pengaruh Metode Resitasi Berbantu Jobsheet Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik en_US
dc.title.alternative Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Lembaga di Kelas XI AK SMKN 1Banjar en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account