Abstract:
Hani Anggiani, 3403200058. “Pengaruh Kapitalisasi Pasar Terhadap Nilai Perusahaan (Suatu Studi pada PT. Unilever Indonesia, Tbk Tahun 2018-2022)”. Dibawah bimbingan Mohamad Apip, S.E., M.Si (Pembimbing I) dan Irfan Faris Rudiana, S.E., M.Ak (Pembimbing II)
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Kapitalisasi Pasar Terhadap Nilai Perusahaan (Suatu Studi pada PT. Unilever Indonesia, Tbk).
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1]. Bagaimana kapitalisasi pasar PT. Unilever Indonesia, Tbk periode tahun 2018-2022?; 2]. Bagaimana nilai perusahaan PT. Unilever Indonesia, Tbk periode tahun 2018-2022?; 3].Bagaimana pengaruh kapitalisasi pasar terhadap nilai perusahaan PT. Unilever Indonesia, Tbk periode tahun 2018-2022? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis 1]. Kapitalisasi pasar PT. Unilever Indonesia, Tbk periode tahun 2018-2022; 2]. Nilai perusahaan PT. Unilever Indonesia, Tbk periode tahun 2018-2022; 3]. Pengaruh kapitalisasi pasar terhadap nilai perusahaan PT. Unilever Indonesia, Tbk periode tahun 2018-2022.
Metode yang digunakan digunakan dalam penelitian ini analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan analisis regresi linear sederhana, analisis koefisien korelasi, analisis determinasi, uji t, dan uji f (kecocokan model).
Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa kapitalisasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan pada PT. Unilever Indonesia, Tbk dengan besarnya pengaruh 9,97% dan sisanya 1,3% dipengaruhi oleh faktor lain.
Diharapkan hasil penelitian ini dapat digunakan oleh manajemen perusahaan sebagai suatu bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan untuk meningkatkan nilai perusahaan.
Kata Kunci : Kapitalisasi Pasar dan Nilai Perusahaan