Unigal Repository

PENGARUH MUTU PELAYANAN DAN SARANA PRASARANA TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA (Suatu Studi pada Fakultas Pertanian Universitas Galuh)

Show simple item record

dc.contributor.author Widiastuti, Rosyita
dc.contributor.author Saryono, Oyon
dc.contributor.author Prabowo, FHE
dc.date.accessioned 2024-06-26T05:37:35Z
dc.date.available 2024-06-26T05:37:35Z
dc.date.issued 2023-08-20
dc.identifier.issn 3402180287
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/4340
dc.description.abstract Kepuasan mahasiswa berawal dari pemahaman tentang apa yang diinginkan oleh mahasiswa. Salah satu hal yang sangat dibutuhkan oleh mahasiswa adalah pelayanan yang baik, mulai dari registrasi, perkuliahan, sampai mahasiswa menyelesaikan kuliah. Untuk mendukung hal tersebut, diperlukan perencanaan yang matang, sarana prasarana yang memadai, dan sumber daya manusia yang mendukung. Kepuasan mahasiswa merupakan elemen yang sangat penting dalam dunia jasa khususnya dunia pendidikan karena akan berdampak pada pencitraan dari perguruan tinggi tersebut. Maka rumusan masalahnya adalah bagaimana pengaruh Mutu Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa di Fakultas Pertanian Universitas Galuh; bagaimana pengaruh Sarana Prasarana terhadap Kepuasan Mahasiswa di Fakultas Pertanian Universitas Galuh; bagaimana pengaruh Mutu Pelayanan dan Sarana Prasarana terhadap Kepuasan Mahasiswa di Fakultas Pertanian Universitas Galuh. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh mutu pelayanan dan sarana prasarana terhadap kepuasan mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Galuh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan metode kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan Analisis Koefisien Korelasi Berganda, Analisis Koefisen Determinasi, Analisis regresi Linier Berganda, dan Uji Hipotesis menggunakan Uji F. Dengan analisis koefisien korelasi berganda diperoleh angka sebesar 0,89 dimana berdasarkan pedoman interprestasi koefisien korelasi termasuk ke dalam kategori sangat kuat dan mempunyai arah yang positif antara Mutu Pelayanan dan Sarana Prasarana terhadap Kepuasan Mahasiswa. Untuk analisis koefisien determinasi sebesar 79,21% dan sisanya 20,79% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Berdasarkan uji statistic regresi linier berganda memperoleh hasil Y = -9,26 + 0,23X 1 + 0,45X 2 . dan yang terakhir berdasarkan uji F F hitung diperoleh 195 dan F tabel diperoleh 3,11 dimana hal tersebut menunjukkan bahwa F hitung > dari F tabel (195 > 3,11) maka hipotesis diterima, artinya terdapat pengaruh secara simultan pada Mutu Pelayanan dan Sarana Prasarana terhadap Kepuasan Mahasiswa. Diharapkan Fakultas Pertanian Universitas Galuh mempertahankan dan memperhatikan mutu pelayanan dan sarana prasarana pada mahasiswa sehingga akan meningkatkan kepuasan mahasiswa en_US
dc.description.sponsorship Oyon Saryono, Faizal Haris Eko Prabowo en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis en_US
dc.subject Mutu Pelayanan, Sarana Prasarana dan Kepuasan Mahasiswa en_US
dc.title PENGARUH MUTU PELAYANAN DAN SARANA PRASARANA TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA (Suatu Studi pada Fakultas Pertanian Universitas Galuh) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account