Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa dan Lokasi
terhadap Kepuasan Pelanggan (Suatu Studi Pada Pelanggan Arkan Auto Bengkel
Mobil Specialist Nissan Datsun).
Pemasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi: 1]. Bagaimana
pengaruh kualitas pelayanan jasa terhadap kepuasan pelanggan Arkan Auto
Bengkel Mobil Specialist Nissan Datsun?; 2]. Bagaimana pengaruh lokasi
terhadap kepuasan pelanggan Arkan Auto Bengkel Mobil Specialist Nissan
Datsun?; 3]. Bagaimana pengaruh kualitas pelayanan jasa dan lokasi terhadap
kepuasan pelanggan Arkan Auto Bengkel Mobil Specialist Nissan Datsun?.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis 1].
Pengaruh kualitas pelayanan jasa terhadap kepuasan pelanggan Arkan Auto
Bengkel Mobil Specialist Nissan Datsun; 2]. Pengaruh lokasi terhadap kepuasan
pelanggan Arkan Auto Bengkel Mobil Specialist Nissan Datsun; 3]. Pengaruh
kualitas pelayanan jasa dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan Arkan Auto
Bengkel Mobil Specialist Nissan Datsun.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survey dengan
pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang dipeoleh
digunakan analisis regresi linier sederhana, koefisien korelasi, koefisien
determinasi, uji hipotesis menggunakan uji signifikan (Uji t), analisis linier
berganda, koefisien korelasi berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis
menggunakan Uji f.
Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa kualitas pelayanan
jasa dan lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan
Arkan Auto Bengkel Mobil Specialist Nissan Datsun dengan besarnya pengaruh
23,1% sedangkan 76,9% dipengaruhi faktor lain.
Diharapkan meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pelanggan, meningkatkan
ruang tunggu dan lokasi parkir, serta meningkatkan keamanan pelanggan agar
kepercayaan dan kenyamanan pengguna bengkel juga meningkat.