Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum optimalnya kepuasan konsumen pada
Kedai Kopi Sjahtra Parigi yang diakiabtkan oleh belum optimalnya desain
proses dan layout desain yang ada pada Kedai Kopi Sjahtra Parigi. Adapun
rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1)Bagaimana pengaruh desain
proses terhadap kepuasan konsumen pada Kedai Kopi Sjahtra Parigi
Kabupaten Pangandaran?; 2) Bagaimana pengaruh layout terhadap
kepuasan konsumen pada Kedai Kopi Sjahtra Parigi Kabupaten
Pangandaran?; 3) Bagaimana pengaruh desain proses dan layout
terhadap kepuasan konsumen pada Kedai Kopi Sjahtra Parigi Kabupaten
Pangandaran?. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan
menganalisis: 1) Pengaruh desain proses terhadap kepuasan konsumen
pada Kedai Kopi Sjahtra Parigi Kabupaten Pangandaran; 2) Pengaruh
layout terhadap kepuasan konsumen pada Kedai Kopi Sjahtra Parigi
Kabupaten Pangandaran; 3) Pengaruh desain proses dan layout terhadap
kepuasan konsumen pada Kedai Kopi Sjahtra Parigi Kabupaten
Pangandaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian deskriptif analisis dengan pendekatan data kuantitatif. Jumlah populasi
dalam penelitian ini adalah rata-rata konsumen pada Kedai Kopi Sjahtra Parigi
periode bulan Januari–Desember 2022 yaitu sebanyak 796 orang, jumlah sampel
dalam penelitian ini adalah sebanyak 89 orang. Dalam penelitian ini
pengumpulan data dilakukan melalui beberapa teknik yaitu studi kepustakaan,
studi lapangan dan penyebaran angket. Dari hasil penelitian, dapat ditarik suatu
simpulan sebagai berikut: 1) Desain proses pada Kedai Kopi Sjahtra Parigi adalah
sudah sangat baik. Begitu pula berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui
bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan desain proses terhadap kepuasan
konsumen pada Kedai Kopi Sjahtra Parigi; 2) Layout desain proses pada Kedai
Kopi Sjahtra Parigi adalah sudah baik. Begitu pula berdasarkan hasil pengujian
hipotesis diketahui bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan layout desain
terhadap kepuasan konsumen pada Kedai Kopi Sjahtra Parigi; 3) Kepuasan
konsumen pada Kedai Kopi Sjahtra Parigi adalah sudah tinggi. Begitu pula
berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa terdapat pengaruh positif
dan signifikan desain proses dan layout desain terhadap kepuasan konsumen pada
Kedai Kopi Sjahtra Parigi. Artinya apabila desain proses dan layout desain sudah
baik maka kepuasan konsumen akan meningkat.