Unigal Repository

KEPEMIMPINAN KEPALA DESA CISONTROL KECAMATAN RANCAH KABUPATEN CIAMIS

Show simple item record

dc.contributor.author Durul Parid, Ripqi
dc.contributor.author Juliarso, H. Ahmad
dc.contributor.author Saeful Hidayat, Eet
dc.date.accessioned 2024-02-12T07:26:25Z
dc.date.available 2024-02-12T07:26:25Z
dc.date.issued 2023-09-30
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/3991
dc.description.abstract Kepemimpinan yang berkualitas akan menunjang terhadap keberhasilan sebuah organisasi dalam mencapai tujuan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kepemimpinan Kepala Desa Cisontrol Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan penekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, observasi, dan wawancara. Sumber data terdiri dari data primer dengan jumlah 10 informan dan data sekunder. Dalam penelitian ini untuk mengukur kepemimpinan kepala desa menggunakan beberapa dimensi yaitu: kemampuan mengambil keputusan, kemampuan memotivasi, kemampuan komunikasi, kemampuan mengendalikan bawahan, tanggung jawab, kemampuan mengendalikan emosional. Dari beberapa dimensi tersebut menunjukan bahwa Kepemimpinan Kepala Desa Cisontrol Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis dapat dikatakan belum optimal. Adapun hambatan yang ditemukan yaitu Kurangnya alternatif-alternatif keputusan, kemampuan memotivasi, dan penanganan konflik. Adapun upaya yang dilakukan adalah melakukan seminar serta pelatihan tentang pentingnya kemampuan mengambil keputusan dari seorang pemimpin, membeikan reward atau insentif kerja kepada para perangkat desa, serta meningkatkan kontrol dalam segi keamanan di lingkungan Desa Cisontrol. en_US
dc.publisher FISIP Universitas Galuh en_US
dc.subject Kepemiminan, Kepala Desa. en_US
dc.title KEPEMIMPINAN KEPALA DESA CISONTROL KECAMATAN RANCAH KABUPATEN CIAMIS en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account

Context