dc.description.abstract |
Penelitin ini di fokuskan pada Analisis Organizational Citizenship Behavior pada Pegawai Unit Pengelola Kegiatan (UPK) DAPM Kecamatan Pancatengah Kabupaten Tasikmalaya.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk menentukan cara mencari, mengumpulkan, mengolah dan menganalisis data hasil penelitian tersebut.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Organizational Citizenship Behavior pada pegawai UPK DAPM Kecamatan Pancatengah Kabupaten Tasikmalaya terlihat pegawai selalu menolong rekan kerjanya yang mengalami kesulitan baik dalam pekerjaan maupun masalah pribadi. Selanjutnya pegawai selalu berusaha melebihi yang diharapkan organisasi. Selain itu juga pegawai memberikan toleransi terhadap keadaan yang kurang ideal dalam organisasi. Pegawai selalu menjaga hubungan baik dengan rekan kerjanya agar terhindar dari masalah-masalah interpersonal. Selanjutnya pegawai selalu mengindikasikan tanggung jawab pada kehidupan organisasi. 2) Hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan Organizational Citizenship Behavior adalah pegawai tidak memperhatikan dan mempertimbangkan analisis kredit kepada nasabah, yang akhirnya banyak mengalami kemacetan dalam pembayaran kredit. 3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan pelaksanaan Organizational Citizenship Behavior pegawai harus lebih selektif lagi dalam menganalisis pengajuan kredit masyarakat, sehingga tidak banyak kemacetan. |
en_US |