Abstract:
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjar merupakan leading sektor dalam menjalankan urusan pemerintahan bidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. Kepuasan kerja pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjar masih memiliki permasalahan diantaranya belum optimalnya capaian kinerja, ketidaktepatan dalam penempatan jabatan, tingkat kemangkiran beberapa pegawai masih cukup tinggi, kenyamanan Kerja Karyawan belum optimal dan kemampuan beberapa pegawai Disdukcapil Kota Banjar dalam menyelesaikan pekerjaan yang diberikan, masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan kerja pegawai di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah kepuasan kerja pegawai di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjar belum berjalan secara optimal. Hal ini dilihat dari 5 dimensi yang diukur, yang baru berjalan secara optimal sebanyak 3 dimensi (keinginan pindah, rekan kerja dan kenyamanan kerja karyawan). Dan sisanya 2 dimensi lagi (kemangkiran dan kinerka pegawai) belum berjalan dengan optimal/masih rendah.