Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya keputusan pembelian
konsumen pada smartphone Samsung di Rosi Store Ciamis yang diakibatkan oleh
belum optimalnya pengembangan produk dan brand ambassador. Adapun
rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana pengaruh pengembangan
produk terhadap proses keputusan pembelian pada produk smarthpone Samsung
di Rosi Store Ciamis?; Bagaimana pengaruh brand ambassador terhadap proses
keputusan pembelian pada produk smartphone Samsung di Rosi Store Ciamis?;
Bagaimana pengaruh pengembangan produk dan brand ambassador terhadap
proses keputusan pembelian pada produk smartphone Samsung di Rosi Store
Ciamis?. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis:
Pengaruh pengembangan produk terhadap proses keputusan pembelian pada
produk smarthpone Samsung di Rosi Store Ciamis; Pengaruh brand ambassador
terhadap proses keputusan pembelian pada produk smartphone Samsung di Rosi
Store Ciamis; Pengaruh pengembangan produk dan brand ambassador terhadap
proses keputusan pembelian pada produk smartphone Samsung di Rosi Store
Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey dengan
pendekatan data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
konsumen yang membeli smartphone Samsung di Rosi Store Ciamis pada bulan
Januari–Desember 2021 yaitu sebanyak 1.060 orang, sampel yang dipilih adalah
sebanyak 92 orang. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui
beberapa teknik yaitu studi kepustakaan, studi lapangan dan penyebaran angket.
Dari hasil penelitian, dapat ditarik suatu simpulan sebagai berikut: Terdapat
pengaruh positif dan signifikan pengembangan produk terhadap keputusan
pembelian konsumen pada Smartphone Samsung di Rosi Store Ciamis. Artinya
semakin baik pengembangan produk maka keputusan pembelian konsumen
konsumen akan meningkat; Terdapat pengaruh positif dan signifikan brand
ambassador terhadap keputusan pembelian konsumen pada Smartphone Samsung
di Rosi Store Ciamis. Artinya semakin baik penggunaan brand ambassador maka
keputusan pembelian konsumen konsumen akan meningkat; Terdapat pengaruh
positif dan signifikan pengembangan produk dan ambassador terhadap keputusan
pembelian konsumen pada Smartphone Samsung di Rosi Store Ciamis. Artinya
semakin baik pengembangan produk dan brand ambassador maka keputusan
pembelian konsumen konsumen akan meningkat.