Abstract:
Di era globalisasi yang semakin cepat karena kemajuan teknologi ini, maka
teknologi tidaklah asing dan sangat erat kaitannya dengan kehidupan disetiap
harinya. Perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi saat ini telah
mengalami kemajuan dan banyak digunakan masyarakat dalam kebutuhan
berkomunikasi antar individu. Seiring dengan perkembangan bisnis yang semakin
kompleks, maka semakin meningkat pula persaingan dalam dunia bisnis. Oleh
karena itu perusahaan dapat memberikan dan memperhatikan kualitas informasi
dan kualitas layanan yang lebih memuaskan dari pada yang dilakukan oleh para
pesaing. Dengan begitu hanya perusahaan yang dapat memenuhi kebutuhan dan
keinginan pelanggan yang dapat bersaing dan menguasai pasar. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas informasi terhadap kepuasan
pelanggan, pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan dan pengaruh
kualitas informasi dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian
ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif menggunakan
teknik survey. Sampel yang diperoleh dalam penelitian ini sebanyak 72 orang
untuk masing-masing variabel. Sedangkan untuk menganalisis data yang
diperoleh digunakan analisis regresi linear sederhana, analisis koefisien korelasi
sederhana, koefisien determinasi , uji parsial (Uji T), analisis regresi linear
berganda, analisis koefisien korelasi berganda, analisis koefisien determinasi, uji
signifikan (Uji F). Hasil penelitian yang diperoleh dengan menggunakan Uji T
dan Uji F menunjukkan bahwa kualitas informasi dan kualitas layanan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan serta kualitas
informasi dan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan secara simultan
terhadap kepuasan pelanggan. Dalam analisis koefisien determinasi diperoleh
hasil data sebesar 72,25% yang dapat dijelaskan oleh kualitas informasi dan
kualitas layanan, sedangkan sisanya sebesar 27,75% dapat dijelaskan oleh
pengaruh variabel lain yang tidak diteliti oleh penulis.