Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada pengaruh shopping lifestyle dan fashion
involvement terhadap impulse buying pada marketplace Shopee (suatu studi pada
masyarakat konsumen Shopee kecamatan Banjar). Permasalahan yang dihadapi
dalam penelitian ini meliputi (1) Bagaimana pengaruh shopping lifestyle terhadap
impulse buying di marketplace Shopee pada masyarakat konsumen Shopee
kecamatan Banjar. (2) Bagaimana pengaruh fashion involvement terhadap impulse
buying di marketplace shopee pada masyarakat konsumen Shopee kecamatan
Banjar. (3) Bagaimana pengaruh shopping lifestyle dan fashion involvement
terhadap impulse buying di marketplace Shopee pada masyarakat konsumen
Shopee masyarakat kecamatan Banjar. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui (1) Untuk mengetahui pengaruh shopping lifestyle terhadap impulse
buying di marketplace Shopee pada masyarakat konsumen Shopee kecamatan
Banjar. (2) Untuk mengetahui pengaruh fashion involvement terhadap impulse
buying di marketplace Shopee pada masyarakat konsumen Shopee kecamatan
Banjar. (3) Untuk mengetahui pengaruh shopping lifestyle dan fashion
involvement terhadap impulse buying di marketplace Shopee pada masyarakat
konsumen Shopee kecamatan Banjar. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk
menganalisis data yang diperoleh digunakan analisis deskriptif dan verifikatif
meliputi analisis koefisien korelasi sederhana dan berganda, analisis koefisien
determinasi, analisis regresi linear sederhana dan berganda, uji t, dan uji
signifikan (uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa shopping lifestyle
berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying pada masyarakat
konsumen Shopee kecamatan Banjar, fashion involvement berpengaruh positif dan
signifikan terhadap impulse buying pada masyarakat konsumen Shopee kecamatan
Banjar, dan shopping lifestyle dan fashion involvement berpengaruh positif dan
signifikan terhadap impulse buying pada masyarakat konsumen Shopee kecamatan
Banjar.