Abstract:
Kurikulum Merdeka Belajar hadir sebagai upaya pemulihan dari ketertinggalan pembelajaran (learning loss) peserta didik selama pandemi Covid-19. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di berbagai jenjang pendidikan merupakan tantangan sendiri bagi setiap satuan pendidikan. Setiap satuan pendidikan dapat memilih opsi implementasi yang ditawarkan oleh pemerintah dengan mempertimbangkan beragam komponen kesiapan implementasi.
Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMK/MAK memiliki warna tersendiri yang tidak terlepas dari karakteristik khas yang timbul dari setiap bidang/program/konsentrasi keahlian yang dimiliki oleh setiap satuan pendidikan. Penyelarasan kurikulum merdeka dengan kebutuhan dunia kerja tentunya menjadi faktor utama pengembangan implementasi kurikulum ini yang diejawantahkan dalam setiap mata pelajaran.
Buku ini disusun sebagai alternatif implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada pembelajaran Matematika di SMK/MAK. Buku ini terdiri atas tiga bagian, yaitu Matematika Kejuruan, Kurikulum Merdeka Belajar di SMK/MAK, dan pengembangan pendidikan Matematika Kejuruan menuju merdeka belajar. Matematika Kejuruan yaitu Matematika yang digunakan di tempat kerja dibahas untuk menyelaraskan pembelajaran Matematika di sekolah dengan penggunaan Matematika di tempat kerja. Kurikulum Merdeka Belajar dibahas untuk melihat posisi Matematika pada kurikulum tersebut sebagai bahan pengembangan pendidikan Matematika di kejuruan. Buku ini memberikan contoh praktis bagaimana Matematika Kejuruan diimplementasikan dalam setiap komponen pembelajaran Matematika di SMK/MAK.