Abstract:
Keputusan pembelian konsumen menjadi faktor yang penting dalam penentu
eksistensi suatu perusahaan. Suatu perusahaan dapat terus eksis jika rangsangan
konsumen dalam memutuskan pembelian produk dari suatu pasar mendapat
respons yang positif dari pasar itu sendiri. Namun demikian berdasarkan hasil
observasi awal yang penulis lakukan pada Baso Japri Tasikmalaya diketahui
bahwa keputusan pembelian konsumen untuk membeli Baso Japri belum
sepenuhnya optimal, hal tersebut diakibatkan oleh belum optimalnya pelaksanaan
promosi yang dilakukan oleh pihak perusahaan terutama pelaksanaan promosi
melalui sosial media yang belum sepenuhnya mampu memberikan informasi-
informasi mengenai keunggulan produk serta informasi mengenai promosi harga
yang ditawarkan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu:
Bagaimana pelaksanaan promosi pada Mie Baso Japri Tasikmalaya?; Bagaimana
keputusan pembelian konsumen pada Mie Baso Japri Tasikmalaya?; Bagaimana
pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian konsumen pada Mie Baso Japri
Tasikmalaya?. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan
menganalisis: Pelaksanaan promosi pada Mie Baso Japri Tasikmalaya; Keputusan
pembelian konsumen pada Mie Baso Japri Tasikmalaya; Pengaruh promosi
terhadap keputusan pembelian konsumen pada Mie Baso Japri Tasikmalaya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey explanatory dengan
pendekatan data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah rata-rata
konsumen pada Mie Baso Japri Tasikmalaya yang melakukan pembelian pada
bulan Januari-Agustus 2022 yaitu sebanyak 168 orang, sampel yang dipilih adalah
sebanyak 63 orang. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui
beberapa teknik yaitu studi kepustakaan, studi lapangan dan penyebaran angket.
Dari hasil penelitian, dapat ditarik suatu simpulan sebagai berikut: Pelaksanaan
promosi yang dilakukan oleh Baso Japri Tasikmalaya selama ini sudah baik,
karena telah sesuai dengan indikator-indikator promosi yang meliputi kualitas
promosi, waktu promosi, frekuensi promosi serta ketepatan atau kesesuaian
sasaran promosi yang menunjukkan sudah baik; Keputusan pembelian konsumen
pada Baso Japri Tasikmalaya selama ini adalah tinggi, karena telah sesuai dengan
indikator-indikator keputusan pembelian yang meliputi kemantapan pada sebuah
produk, kebiasaan dalam membeli produk dan kecepatan dalam membeli produk
yang menunjukkan sudah tinggi; Terdapat pengaruh positif dan signifikan
promosi terhadap keputusan pembelian konsumen pada Baso Japri Tasikmalaya.
Artinya semakin baik pelaksanaan promosi maka keputusan pembelian konsumen
akan meningkat.