Unigal Repository

Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Sustainable Development Goals

Show simple item record

dc.contributor.author Endah, Kiki
dc.contributor.author Setiadi, Budi
dc.contributor.author Garvera, R. Rindu
dc.contributor.author Sujai, Ii
dc.contributor.author Yuliani, Dini
dc.contributor.author Nursetiawan, Irfan
dc.contributor.author Garis, Regi Refian
dc.date.accessioned 2023-11-29T04:43:29Z
dc.date.available 2023-11-29T04:43:29Z
dc.date.issued 2023-10-01
dc.identifier.isbn 978-623-448-692-6
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/3796
dc.description.abstract Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan dampak yang signifikan dalam berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk dalam dunia bisnis. Dalam era digitalisasi ini, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) perlu mengadopsi strategi pengembangan yang berbasis teknologi untuk meningkatkan daya saing mereka di pasar yang semakin kompetitif. Dalam konteks ini, kajian ilmu pemerintahan memiliki peran penting dalam menganalisis strategi pengembangan UMKM melalui digital marketing dan implikasinya terhadap daya saing di pasaran. UMKM memiliki peran vital dalam perekonomian global maupun lokal. Mereka menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan kerja, serta pengentasan kemiskinan. Namun, UMKM sering menghadapi tantangan yang kompleks dalam menghadapi persaingan dengan perusahaan besar dan transnational. Oleh karena itu, strategi pengembangan yang berbasis digital marketing menjadi semakin penting untuk meningkatkan daya saing dan kelangsungan bisnis UMKM. Hadirnya teknologi digital berdampak positif dalam segala aspek kehidupan, salah satunya adalah pada dunia bisnis. Teknologi berperan penting dalam rangka mengembangkan UMKM menjadi lebih baik lagi. Pesatnya perkembangan teknologi menuntut pelaku usaha mulai untuk mengenal dan selalu terkait dengan internet. Salah satu contoh nyata yaitu digital marketing. Upaya dari strategi digital marketing mempengaruhi hingga 78 persen terhadap keunggulan berkompetisi UMKM di dalam memasarkan produk lokal. Pelaku bisnis dapat juga memanfaatkan media sosial sebagai sarana marketing digital. Biaya yang tidak begitu besar menjadi harapan bagi Usaha Mikro Kecil Menengah agar mampu berkembang dan menjadi pusat kekuatan dalam ekonomi.(Saifullah, 2015; Wardhana, 2015). Studi tentang strategi pemasaran berbasis Teknologi informasi bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam meningkatkan daya saing belum banyak dilakukan oleh para peneliti. Menurut M. Tajudin, Abdul Manan dan Ahmad adil (2011) Menghasilkan kesimpulan bahwa faktor yang Melandasi UMKM terdorong menggunakan e-commerce terdiri dari 6 faktor yaitu dapat mengakses pasar global, mempromosikan produk, membangun merek, mendekatkan dengan pelanggan, membantu komunikasi lebih cepat dengan pelanggan dan memuaskan pelanggan. Oleh karena itu dalam penelitian ini ingin mencoba mengembangkan penelitian yang sudah ada tersebut dengan membuat model pengembangan strategi pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah berbasis digital marketing diharapkan dapat membantu Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) dalam meningkatkan daya saing di pasaran. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan identifikasi keberadaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam memanfaatkan teknologi untuk kegiatan usahanya serta merumuskan dan menyusun model pengembangan strategi pemasaran berbasis Teknologi Informasi sebagai upaya dalam meningkatkan daya saing UMKM di Desa Petirhilir. Desa Petirhilir merupakan salah satu Desa di Kabupaten Ciamis yang memiliki penguatan terhadap UMKM, dibuktikan dengan data dari pemerintah Desa bahwa ada 22 pelaku UMKM di Desa Petirhilir. Adapun sektor UMKM unggulan di Desa Petirhilir ini dari sub-sektor kuliner, yaitu makanan ringan seperti usaha keripik pisang dan sukun. Pada saat ini, UMKM keripik pisang dan sukun ini dihadapkan dengan berbagai permasalahan salah satunya dari segi pemasaran. Dengan perkembangan teknologi pada saat ini, pemasaran produk dapat dikembangkan dalam bentuk online salah satunya melalui platform media sosial. Ini sebagai strategi dari pengembangan pemasaran produk UMKM. Dalam platform media sosial, produk dapat dipasarkan secara luas tidak hanya dalam wilayah desa, hal tersebut diharapkan mampu memberikan solusi terhadap permasalahan pemasaran dari pelaku UMKM tersebut. en_US
dc.publisher Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia en_US
dc.subject Pembangunan Desa en_US
dc.subject Pemberdayaan Masyarakat en_US
dc.subject Sustainable Development Goals en_US
dc.title Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Sustainable Development Goals en_US
dc.type Book en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account