Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada pengaruh profitability yang diproksikan dengan Net
Profit Margin (NPM) dan market ratio yang diproksikan dengan Price Earning
Ratio (PER) terhadap harga saham (Suatu Studi Pada PT Bank Mandiri (Persero)
Tbk Yang Terdaftar di BEI periode 2012-2021). Permasalahan yang dihadapi
dalam penelitian ini meliputi: 1). Bagaimana pengaruh Net Profit Margin (NPM)
terhadap harga saham PT Bank Mandiri (persero) Tbk periode 2012-2021?. 2).
Bagaimana pengaruh Price Earning Ratio (PER) terhadap harga saham PT Bank
Mandiri (persero) Tbk periode 2012-2021?. 3). Bagaimana pengaruh Net Profit
Margin (NPM) dan Price Earning Ratio (PER) terhadap harga saham PT Bank
Mandiri (persero) Tbk periode 2012-2021?. Metode penelitian yang digunakan
yaitu deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data studi kepustakaan dan
dokumentasi. Untuk alat penelitian digunakan adalah Analisis Regresi Sederhana,
Koefisien Korelasi sederhana, Koefisien Determinasi, Uji Signifikansi (Uji t),
Analisis Regresi Berganda, Analisis Koefisien Korelasi Berganda, Analisis
Koefsien Determinasi, dan Uji Signifikansi (Uji F). Hasil dari penelitian dan
pengolahan data menunjukan bahwa Net Profit Margin secara parsial tidak
berpengaruh terhadap harga saham pada PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.
Sedangkan Price Earning Ratio berpengaruh 35.6% terhadap harga saham
perusahaan. Secara simultan Net Profit Margin dan Price Earning Ratiio
berpengaruh terhadap harga saham pada PT Bank Mandiri (persero) Tbk sebesar
69%.