Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum optimalnya customer loyalty pada Smartphone
Samsung di Rosi Store Ciamis yang diakiabtkan oleh belum optimalnya green brand
image dan brand trust konsumen terhadap Smartphone Samsung. Adapun rumusan
masalah dalam penelitian ini yaitu: 1)Bagaimana pengaruh greend brand image terhadap
customer loyalty pada smartphone Samsung di Rosi Store Ciamis?; 2) Bagaimana
pengaruh brand trust terhadap customer loyalty pada smartphone Samsung di Rosi Store
Ciamis?; 3) Bagaimana pengaruh green brand image dan brand trust terhadap customer
loyalty pada smartphone Samsung di Rosi Store Ciamis?. Adapun tujuan dari penelitian
ini untuk mengetahui dan menganalisis: 1) Pengaruh greend brand image terhadap
customer loyalty pada smartphone Samsung di Rosi Store Ciamis; 2) Pengaruh brand
trust terhadap customer loyalty pada smartphone Samsung di Rosi Store Ciamis; 3)
Pengaruh green brand image dan brand trust terhadap customer loyalty pada smartphone
Samsung di Rosi Store Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode penelitian deskriptif dengan pendekatan data kuantitatif. Jumlah populasi dalam
penelitian ini adalah konsumen Rosi Store Ciamis pada bulan Juni-November 2022 yaitu
sebanyak 762 orang, jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 88 orang.
Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui beberapa teknik yaitu studi
kepustakaan, studi lapangan dan penyebaran angket. Dari hasil penelitian, dapat ditarik
suatu simpulan sebagai berikut: 1) Green brand image Smartphone Samsung di Rosi
Store Ciamis adalah cukup tinggi. Selanjutnya berdasakan hasil pengujian hipotesis
diketahui bahwa greend brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap
customer loyalty pada Smartphone Samsung di Rosi Store Ciamis; 2) Brand trust pada
Smartphone Samsung di Rosi Store Ciamis adalah tinggi. Selanjutnya berdasakan hasil
pengujian hipotesis diketahui bahwa greend brand image dan brand trust berpengaruh
positif dan signifikan terhadap customer loyalty pada Smartphone Samsung di Rosi Store
Ciamis; 3) Customer loyalty pada Smartphone Samsung di Rosi Store Ciamis adalah
tinggi. Selanjutnya berdasakan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa green brand
image dan brand trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer loyalty pada
Smartphone Samsung di Rosi Store Ciamis. Artinya jika green brand image dan brand
trust meningkat maka akan meningkatkan customer loyalty.