Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum otpimalnya loyalitas pelanggan pada Daya
Motor Ciamis yang dapat dilihat dari dilihat dari masih adanya konsumen yang
kurang memiliki kepercayaan terhadap jasa servis kendaraan bermotor yang
disediakan oleh dealer. Hal tersebut diakibatkan oleh belum optimalnya kepuasan
pelanggan dan strategi pemilihan loaksi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian
ini yaitu: 1)Bagaimana pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan
pada Daya Motor Ciamis?; 2) Bagaimana pengaruh lokasi terhadap loyalitas
pelanggan pada Daya Motor Ciamis?; 3) Bagaimana pengaruh kepuasan pelanggan
dan lokasi terhadap loyalitas pelanggan pada Daya Motor Ciamis?. Adapun tujuan
dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis: 1)Pengaruh kepuasan
pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada Daya Motor Ciamis; 2) Pengaruh lokasi
terhadap loyalitas pelanggan pada pada Daya Motor Ciamis; 3) Pengaruh kepuasan
pelanggan dan lokasi terhadap loyalitas pelanggan pada pada Daya Motor Ciamis.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey dengan
pendekatan data kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah rata-rata konsumen
yang melakukan kunjungan servis pada Daya Motor Ciamis pada bulan
Januari–Desember 2022 yaitu sebanyak 346 orang, sampel yang dipilih adalah
sebanyak 78 orang. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui
beberapa teknik yaitu studi kepustakaan, studi lapangan dan penyebaran angket. Dari
hasil penelitian, dapat ditarik suatu simpulan sebagai berikut: 1) Berdasarkan analisis
deskriptif bahwa kepuasan pelanggan pada Dealer Daya Motor Ciamis berada pada
kategori cukup tinggi. Berdasarkan analisis asosiatif bahwa kepuasan pelanggan
berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada Dealer Daya Motor Ciamis. Sehingga
hipotesis diterima dan teruji kebenarannya. Ketika kepuasan pelanggan meningkat
maka meningkatkan loyalitas pelanggan pada Dealer Daya Motor Ciamis; 2)
Berdasarkan hasil analisis deskriptif bahwa lokasi Dealer Daya Motor Ciamis adalah
cukup strategis. Berdasarkan analisis asosiatif bahwa lokasi berpengaruh terhadap
loyalitas pelanggan pada Dealer Daya Motor Ciamis. Sehingga hipotesis diterima dan
teruji kebenarannya. Ketika lokasi perusahaan meningkat maka meningkatkan
loyalitas pelanggan pada Dealer Daya Motor Ciamis; 3) Berdasarkan analisis
deskriptif bahwa loyalitas pelanggan pada Dealer Daya Motor Ciamis adalah tinggi.
Berdasarkan analisis asosiatif bahwa kepuasan pelanggan dan lokasi berpengaruh
terhadap loyalitas pelanggan pada Dealer Daya Motor Ciamis. Sehingga hipotesis
diterima dan teruji kebenarannya. Maka ketika kepuasan pelanggan dan lokasi
meningkat maka meningkatkan loyalitas pelanggan pada Dealer Daya Motor Ciamis.