Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Dissatisfaction dan Variety Seeking
terhadap Brand Switching (Suatu Studi pada Konsumen Toko Endro Cosmetic)
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1). Bagaimana
pengaruh dissatisfaction terhadap brand switching pada konsumen Toko Endro
Cosmetic? 2). Bagaimana pengaruh variety seeking terhadap brand switching pada
konsumen Toko Endro Cosmetic? 3). Bagaimana pengaruh dissatisfaction dan
variety seeking terhadap brand switching pada konsumen Toko Endro Cosmetic?
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis : 1).
Pengaruh dissatisfaction terhadap brand switching pada konsumen Toko Endro
Cosmetic; 2). Pengaruh variety seeking terhadap brand switching pada konsumen
Toko Endro Cosmetic; 3). Pengaruh disssatisfaction dan variety seeking terhadap
brand switching pada konsumen Toko Endro Cosmetic. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu metode survei dengan pendekatan analisis data
deskriptif kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh
digunakan analisis regresi linier sederhana dan berganda, analisis koefisien
korelasi sederhana dan berganda, koefisien determinasi, Uji T dan Uji F. Hasil
dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa disssatisfaction
berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand switching pada konsumen Toko
Endro Cosmetic sebesar 13,82% dan sisanya sebesar 86,18% dipengaruhi oleh
faktor lain yang tidak diteliti. Variety seeking berpengaruh positif dan signifikan
terhadap brand switching pada konsumen Toko Endro Cosmetic sebesar 45,82%
dan sisanya sebesar 54,18% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Dissatisfaction dan variety seeking berpengaruh positif dan signifikan terhadap
brand switching pada konsumen Toko Endro Cosmetic sebesar 45,9% dan sisanya
sebesar 54,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Diharapkan
perusahaan bisa lebih meningkatkan daya tarik produknya dengan cara selalu
memberikan hal-hal baru, meningkatkan kualitas dan kinerja produk serta selalu
menambah variasi produk yang lebih menarik dan beragam agar konsumen tidak
berfikir untuk melakukan perpindahan merek produk (brand switching).