Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Surroundings dan Virtual Advertising
Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Suatu Studi pada Toserba Yola
Rancah).
Permaslahan yang dihadapi pada penelitian ini meliputi: 1]. Bagaimana pengaruh
surroundings terhadap keputusan pembelian konsumen di Toserba Yola Rancah?;
2]. Bagaimana pengaruh Virtual Advertising terhadap Keputusan Pembelian
Konsumen di Toserba Yola Rancah?; 3]. Bagaimana pengaruh Surroundings dan
Virtual Advertising terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Toserba Yola
Rancah?. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan
menganalisis: 1]. Pengaruh Surroundings terhadap keputusan pembelian
konsumen di Toserba Yola Rancah; 2]. Pengaruh Virtual Advertising terhadap
Keputusan Pembelian Konsumen di Toserba Yola Rancah; 3]. Pengaruh
Surroundings dan Virtual Advertising terhadap keputusan pembelian Konsumen
di Toserba Yola Rancah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk
menganalisis data yang diperoleh digunakan Uji Koefisisien Korelasi Sederhana,
Uji Koefisien Korelasi Berganda, Uji Regresi Linier Sederhana, Uji Regresi
Linier Berganda, Uji Koefisien Determinasi, Uji Hipotesis (Uji t), dan Uji
Hipotesis (Uji F). Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa:
1). Surroundings berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada
Toserba Yola Rancah dengan besar pengaruh sebesar 51,04% sedangkan sisanya
48,06% dipengaruhi faktor lain; 2). Virtual Advertising berpengaruh terhadap
keputusan pembelian konsumen pada Toserba Yola Rancah dengan besar
pengaruh sebesar 37% sedangkan sisanya 63% dipengaruhi faktor lain. 3).
Surroundings dan Virtual Advertising berpengaruh terhadap Keputusan
Pembelian Konsumen pada Toserba Yola Rancah dengan besar pengaruh 31,2%
sedangkan sebesar 68,08% dipengaruhi faktor lain.
Diharapkan pada Toserba Yola Rancah mempertahankan Surroundings dan
Virtual Advertising sehingga akan meningkatkan Keputusan Pembelian pada
Konsumen.