Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada analisa saluran pemasaran dalam meningkatkan
volume penjualan pada CV. Sentosa Mitra Prima. Permasalahan yang dihadapi
dalam penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana analisis saluran pemasaran dalam
meningkatkan volume penjualan ayam pejantan di CV. Sentosa Mitra Prima?; 2)
Bagaimana hambatan penerapan saluran pemasaran dalam meningkatkan volume
penjualan ayam pejantan di CV. Sentosa Mitra Prima?; 3) Bagaimana solusi
penerapan saluran pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan ayam
pejantan di CV. Sentosa Mitra Prima?, Adapun tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui dan menganalisis: 1) Saluran pemasaran dalam meningkatkan
volume penjualan CV. Sentosa Mitra Prima; 2) Hambatan penerapan saluran
pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan ayam pejantan di CV. Sentosa
Mitra Prima; 3) Solusi penerapan saluran pemasaran dalam meningkatkan volume
penjualan ayam pejantan di CV. Sentosa Mitra Prima.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitiatif. Sumber
data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua jenis yaitu data primer dan data
sekunder. Hasil dari penelitian dan pengolahan data yaitu: 1) CV. Sentosa Mitra
Prima menggunakan saluran distribusi tidak langsung dengan dua tingkatan, yaitu
saluran tingkat satu melalui pedagang ecer dan saluran tingkat dua melalui
pedagang besar. 2) Saluran distribusi yang digunakan CV. Sentosa Mitra Prima
mempunyai peranan yang positif terhadap volume penjualan. 3) Dalam proses
distribusi ayam pejantan menggunakan saluran distribusi yang diterapkan,
perusahaan merasa sangat terbantu dengan adanya perantara yang bersinergi
dengan baik.