Abstract:
Dalam upaya meningkatkan penjualan, perusahan kerap kali memasukan divisi
pemasaran atau marketing dalam personalianya, walaupun tidak semua marketing
yang dilakukan nya tersebut efektif dalam meningkatkan penjualan, tapi
perusahaan tetap mengandalakan nya dengan harapan dapat memperoleh
penjualan yang maksimal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1)
Bagaimana strategi pemasaran yang dilaksanakan oleh Perusahaan CV. Anugerah
Pratama Abadi? 2) Seberapa besar perkembangan volume penjualan pada
Perusahaan CV. Anuegrah Pratama Abadi? 3) Bagaimana peranan strategi
pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan pada Perusahaan CV.
Anugerah Pratama Abadi?. Tujuan penelitian memberikan informasi mengenai
apa yang akan diperoleh setelah selesai penelitian. Oleh karena itu penelitian ini
bertujuan untuk mengentahui 1) Strategi pemasaran yang dilaksanakan oleh
Perusahaan CV. Anugerah Pratama Abadi. 2) Besarnya perkembangan volume
penjualan pada Perusahaan CV. Anugerah Pratama Abadi. 3) Peranan strategi
pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan pada Perusahaan CV.
Anugerah Pratama Abadi. Metode penelitian yang digunakan dalam melakukan
penelitian ini dengan metode deskriptif. Adapun hasil penelitian yang didapat
menyatakan bahwa: 1. Pelaksanaan strategi pemasaran pada CV. Anugerah
Pratama Abadi sudah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan teori yang belaku
yang meliputi product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan
process. 2. Perkembangan volume penjualan disimpulkan bahwa CV. Anugerah
Pratama Abadi setiap bulannya dalam jangka waktu satu tahun mengalami
fluktuasi, namun garis trend mengalami penurunan dalam hal banyaknya
penjualan. Jika dirata-ratakan besarnya jumlah volume penjualan yang diukur
dengan nilai penjualan sebesar Rp33.900.000 setiap bulannya. dan jika dirata-
ratakan perkembangannya volume penjualan yang diukur dengan nilai penjualan
mengalami penurunan rata-rata sebesar -4,16% setiap bulannya. 3. Strategi
pemasaran tidak berperan atau berperan negatif dalam meningkatkan volume
penjualan pada Perusahaan CV. Anugerah Pratama Abadi, sebab strategi
pemasaran sudah dijalankan dengan baik sesuai dengan teori yang berlaku, tetapi
volume penjualannya mengalami penurunan.