Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya keputusan pembelian
merchandise pada Penggemar NCT di Kecamatan Pangandaran yang diakibatkan
oleh belum optimalnya fanatisme dan perilaku konsumtif. Adapun rumusan
masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pengaruh fanatisme terhadap
keputusan pembelian merchandise pada Fanbase NCT di Kecamatan
Pangandaran?; 2) Bagaimana pengaruh perilaku konsumtif terhadap keputusan
pembelian merchandise pada Fanbase NCT di Kecamatan Pangandaran?; 3)
Bagaimana pengaruh fanatisme dan perilaku konsumtif terhadap keputusan
pembelian merchandise pada Fanbase NCT di Kecamatan Pangandaran?. Adapun
tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: 1)Pengaruh
fanatisme terhadap keputusan pembelian merchandise pada Fanbase NCT di
Kecamatan Pangandaran; 2) Pengaruh perilaku konsumtif terhadap keputusan
pembelian merchandise pada Fanbase NCT di Kecamatan Pangandaran; 3)
Pengaruh fanatisme dan perilaku konsumtif terhadap keputusan pembelian
merchandise pada Fanbase NCT di Kecamatan Pangandaran.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan
pendekatan kuantitatif. Jumlah Populasi dalam penelitian adalah member
penggemar K-Pop NCT di Kecamatan Pangandaran pada bulan Desember 2022
yaitu sebanyak 165 orang, ukuran sampel yang dipilih adalah jumlah sampel
dalam penelitian ini adalah sebanyak 63 orang. Dalam penelitian ini pengumpulan
data dilakukan melalui beberapa teknik yaitu studi kepustakaan, studi lapangan
dan penyebaran angket.
Dari hasil penelitian, dapat ditarik suatu simpulan sebagai berikut: 1)
Fanatisme berpengaruh terhadap keputusan pembelian merchandise, dengan
demikian hipotesis diterima dan teruji kebenarannya artinya semakin tinggi
fanatisme maka keputusan pembelian merchandise NCT di Kecamatan
pangandaran akan meningkat; 2) Perilaku konsumtif berpengaruh terhadap
keputusan pembelian merchandise, dengan demikian hipotesis diterima dan teruji
kebenarannya artinya semakin tinggi perilaku konsumtif maka keputusan
pembelian merchandise NCT di Kecamatan pangandaran akan meningkat 3)
Fanatisme dan perilaku konsumtif berpengaruh terhadap keputusan pembelian
merchandise NCT di Kecamatan Pangandaran, dengan demikian hipotesis
diterima dan teruji kebenarannya artinya apabila fanatisme dan perilaku konsumtif
semakin meningkat maka keputusan pembelian merchandise NCT di Kecamatan
Pangandaran akan meningkat.