Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada pengaruh tingkat penjualan terhadap kinerja
keuangan perusahaan (Suatu studi pada PT. Unilever Indonesia, Tbk yang
terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2021).
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1] Seberapa besar
tingkat penjualan PT Unilever Indonesia (Persero), Tbk Periode 2012-2021?; 2]
Bagaimana kinerja keuangan PT Unilever Indonesia (Persero), Tbk Periode 2012-
2021?; 3]Bagaimana pengaruh tingkat penjualan terhadap kinerja keuangan
perusahaan PT Unilever Indonesia (Persero), Tbk Periode 2012-2021?. Adapun
tujuan ini untuk mengetahui dan menganalisis: 1] Untuk mengetahui dan
menganalisis besarnya tingkat penjualan PT Unilever Indonesia (Persero), Tbk
Periode 2012-2021; 2] Untuk mengetahui dan menganalisis besarnya kinerja
keuangan PT Unilever Indonesia (Persero), Tbk Periode 2012-2021; 3] Untuk
mengetahui dan menganalisis besanya pengaruh tingkat penjualan terhadap
kinerja keuangan perusahaan PT Unilever Indonesia (Persero), Tbk Periode 2012-
2021.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan
kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakanan
analisis koefisien korelasi sederhana, koefisien determinasi, uji t dan regresi linier
sederhana.
Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa: 1] Tingkat
penjualan PT. Unilever Indonesia, Tbk Periode 2012-2021 cenderung menurun; 2]
Kinerja keuangan perusahaan yang diukur menggunakan return on assets dalam
kondisi yang kurang optimal; 3] Tingkat Penjualan berpengaruh terhadap
Kinerja Keuangan Perusahaan PT Unilever Indonesia, Tbk Periode 2012-2021.
Sebaiknya perusahaan lebih mampu meningkatkan return on assets dengan cara
memastikan bahwa penggunaan asetnya dioptimalkan.