Abstract:
Perusahaan Marketplace di Indonesia mengalami perkembangan dan persaingan
yang semakin tinggi, setiap perusahaan Marketplace senantiasa berusaha untuk
mendapatkan pelanggan atau pembeli yang setiap harinya harus meningkat. Salah
satu perusahaan Marketplace di Indonesia yaitu Marketplace Shopee. Banyaknya
persaingan pada perusahaan Marketplace di Indonesia membuat Marketplace
Shopee bersaing dengan Marketplace lain dalam semua bidang salah satunya
dalam hal menarik pelanggan. Adanya fitur-fitur yang hampir sama yang dimiliki
oleh setiap Marketplace di Indonesia termasuk pada Marketplace Shopee, hal
tersebut juga yang membuat tercipta adanya persaingan Marketplace di Indonesia.
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh
Rating Store dan Online Customer Review terhadap keputusan pembelian produk
pada Marketplace Shopee di Kecamatan Rajadesa Kabupaten Ciamis. Adapun
tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Rating
Store dan Online Customer Review terhadap keputusan pembelian produk pada
Marketplace Shopee. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey
dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 36.003 dan
sampel pada penelitian ini diambil sebanyak 100 orang. Sedangkan analisis data
yang digunakan yaitu analisis koefesien korelasi sederhana, koefesien
determinasi, uji t, analisis regresi linier berganda, analisis koefesien korelasi
berganda, uji F. Dari hasil penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa
Rating Store dan Online Customer Review berpengaruh positif dan signifikan
terhadap keputusan pembelian produk pada Marketplace Shopee di Kecamatan
Rajadesa Kabupaten Ciamis dengan besarnya pengaruh 43,5% dan sisanya 56,5%
dipengaruhi oleh faktor lain. Dalam upaya meningkatkan keputusan pembelian
pada Marketplace Shopee di Kecamatan Rajadesa Kabupaten Ciamis sebaiknya
Marketplace Shopee bisa lebih baik lagi dan memperbaiki layanan terhadap
pelanggannya sehingga pelanggan menjadi lebih percaya lagi dalam berbelanja
secara online melalui Marketplace Shopee, Marketplace Shopee harus selalu
menyediakan produk dengan kualitas dan mutu yang terbaik dan memudahkan
pelanggan untuk mendapatkan produk yang mereka butuhkan sehingga pelanggan
yang berbelanja pada Marketplace Shopee selalu merasa puas sehingga akan
melakukan pembelian ulang kembali.