Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada pengaruh kecerdasan emosional dan organizational
citizenship behavior (OCB) terhadap kinerja pegawai pada pegawai PT. Pos
Indonesia Cabang Ciamis. Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini
meliputi : 1) Bagaimana pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja pegawai
pada pegawai PT. Pos Indonesia Cabang Ciamis?. 2) Bagaimana pengaruh
organizational citizenship behavior (OCB) terhadap kinerja pegawai pada
pegawai PT. Pos Indonesia Cabang Ciamis?. 3) Bagaimana pengaruh kecerdasan
emosional dan organizational citizenship behavior (OCB) terhadap kinerja
pegawai pada pegawai PT. Pos Indonesia Cabang Ciamis?. Adapun tujuan
penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis: 1) Pengaruh kecerdasan
emosional terhadap kinerja pegawai pada pegawai PT. Pos Indonesia Cabang
Ciamis. 2) Pengaruh organizational citizenship behavior (OCB) terhadap kinerja
pegawai pada pegawai PT. Pos Indonesia cabang ciamis. 3) Pengaruh kecerdasan
emosional dan organizational citizenship (OCB) terhadap kinerja pegawai pada
pegawai PT. Pos Indonesia Cabang Ciamis. Metode yang digunakan penulis
dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Teknik
sampling yang digunakan yaitu sampling jenuh sebanyak 34 pegawai. Sedangakan
untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan uji keofisien korelasi
sederhana, uji koefisien determinasi, uji regresi linier berganda, uji koefisien
korelasi berganda dan uji hipotesis dengan menggunakan uji signifikasi (Uji t dan
Uji F)
Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa: 1) Kecerdasan
emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada
pegawai PT. Pos Indonesia Cabang Ciamis. 2) Organizational citizenship
behavior (OCB) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada
pegawai PT. Pos Indonesia Cabang Ciamis. 3) Kecerdasan emosional dan
organizational citizenship behavior (OCB) berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kinerja pegawai pada pegawai PT. Pos Indonesia Cabang Ciamis.
Diharapkan pegawai PT. Pos Indonesia Cabang Ciamis terus meningkatkan
kecerdasan emosional dan organizational citizenship behavior (OCB) sehingga
akan meningkatkan kinerja pegwai.