Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya customer value pada
smartphone merek Oppo di Phoenix Cell Ciamis, hal tersebut diakibatkan oleh
kepercayaan konsumen terhadap kualitas dan harga smartphone Oppo yang cukup
mahal dibandingkan dengan smartphone android yang lainnya sehingga ada
konsumen lebih memilih smartphone android jenis lain. Hal tersebut diakibatkan
oleh belum optimalnya brand equity dan relationship marketing. Adapun rumusan
masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pengaruh brand equity terhadap
nilai konsumen pada Smartphone Oppo di Phoenix Cell Ciamis?; 2)) Bagaimana
pengaruh relationship marketing terhadap nilai konsumen pada Smartphone
Oppo di Phoenix Cell Ciamis?; 3) Bagaimana pengaruh brand equity dan
relationship marketing terhadap nilai konsumen pada Smartphone Oppo di
Phoenix Cell Ciamis?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian survey dengan pendekatan data kuantitatif. Dalam penelitian ini
pengumpulan data dilakukan melalui beberapa teknik yaitu studi kepustakaan dan
studi lapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli
Smartphone Oppo di Phoenix Cell Ciamis periode bulan Januari – Desember 2022
yaitu sebanyak 1.060 orang, jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak
92 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis koefisien korelasi sederhana
dan berganda, koefisien determinasi, Analisis Regresi Linear Sederhana dan
Berganda, dan Penggujian Hipotesis (Uji t,Uji F). Dari hasil penelitian, dapat ditarik
suatu simpulan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan brand
equity terhadap nilai konsumen pada Smartphone Oppo di Phoneix Cell Ciamis.
Artinya semakin baik brand equity maka nilai konsumen konsumen akan
meningkat; 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan relationship marketing
terhadap nilai konsumen pada Smartphone Oppo di Phoneix Cell Ciamis. Artinya
semakin baik relationship marketing maka nilai konsumen konsumen akan
meningkat; 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan brand equity dan
relationship marketing terhadap nilai konsumen pada Smartphone Oppo di
Phoneix Cell Ciamis. Artinya semakin baik brand equity dan relationship
marketing maka nilai konsumen konsumen akan meningkat.