Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada Analisis Perilaku Konsumen Berbasis Technology
Acceptance Model (TAM) (suatu studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi 2019
Universitas Galuh Pengguan Dompet Digital DANA).
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana perilaku
konsumen pengguna dompet digital dana pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi
2019 Universitas Galuh?; 2) Bagaimana penggunaan Technology Acceptance
Model (TAM) pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi 2019 Universitas Galuh?; 3)
Bagaimana analisis perilaku konsumen pengguna dompet digital dana dengan
menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) pada Mahasiswa Fakultas
Ekonomi 2019 Universitas Galuh? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui dan menganalisis: 1) Perilaku konsumen pengguna dompet digital
dana pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Galuh; 2) Penggunaan
Technology Acceptance Model (TAM) pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi
Universitas Galuh; 3) Analisis perilaku konsumen pengguna dompet digital dana
dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) pada Mahasiswa
Fakultas Ekonomi Universitas Galuh. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa analisis perilaku konsumen
memainkan peran penting dalam keputusan penggunaan suatu produk atau
aplikasi. Indikator yang mempengaruhi Technology Acceptance Model (TAM)
pada pengguna dompet digital Dana di kalangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi
2019 di Universitas Galuh adalah komponen kognitif (cognitive component) dan
persepsi kegunaan (perceived usefulness). Komponen kognitif mencakup
keyakinan tentang keamanan aplikasi Dana, yang didukung oleh lisensi dari Bank
Indonesia sebagai Penyelenggara Layanan Uang Elektronik (PLUE) dan
penyelenggara transfer dana dengan nomor izin 20/1370/DSSK/Srt/B yang
disetujui pada tanggal 28 Agustus 2018. Selain itu, pengguna juga merasa senang
dengan kemudahan penggunaan aplikasi Dana serta berbagai tawaran menarik
yang disediakan