Abstract:
Idan Ramdani. NIM. 3402190356. Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap
Kunjungan Wisatawan (Suatu studi pada Objek Wisata Situ Lengkong
Panjalu Ciamis). Dibawah Bimbingan Dr. Hj. Aini Kusniawati, M.M.
(Pembimbing I) dan Bapak Faizal Haris Eko Prabowo, S.E., M.M
(Pembimbing II).
Perekonomian global dan perkembangannya saat ini dipengaruhi oleh beberapa
industri termasuk industri pariwisata. Sehingga strategi pemasaran dan promosi
pariwisata sangat dibutuhkan dalam meningkatkan kunjungan pada sebuah objek
wisata. Peranan pemasaran pariwisata dapat meningkatkan pengetahuan dan
kesadaran pemangku kepentingan pariwisata terhadap pelestarian produk-produk
wisata secara berkelanjutan. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui
strategi pemasaran pada objek wisata situ lengkong panjalu ciamis, untuk
mengetahui kunjungan wisatawan pada objek wisata situ lengkong panjalu ciamis,
dan untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran terhadap kunjungan
wisatawan pada objek wisata situ lengkong panjalu Ciamis. Adapun metode yang
digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan
deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung objek
wisata situ lengkong panjalu pada tahun 2020. Teknik penentuan Sampel
menggunakan simple random sampling, data diperoleh dengan membagikan
kuesioner kepada 100 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis
koefisien korelasi sederhana, regresi linear sederhana, koefisien determinasi, dan
uji t. Hasil penelitian ini menujukan bahwa: strategi pemasaran pada objek wisata
situ lengkong panjalu ciamis baik, kunjungan wisatawan pada objek wisata situ
lengkong Panjalu Ciamis baik, dan Strategi Pemasaran berpengaruh positif
terhadap kunjungan wisatawan pada objek wisata situ lengkong panjalu Ciamis.