Abstract:
Dede Indri Meilani, NIM 3402190411. “Pengaruh Orientasi Pasar dan Strategi
Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi kasus pada Toserba
Gunasalma)”. Dibawah bimbingan Bapak Dr. Nana Darna, SE., M.M
(Pembimbing 1) dan Bapak Enjang Nursolih, S.H.,M.M. (Pembimbing 2).
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Orientasi Pasar dan Strategi Pemasaran
Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi kasus pada Toserba Gunasalma). Permasalahan
yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1] Bagaimana Pengaruh Orientasi Pasar
pada Toserba Gunasalma?; 2] Bagaimana Pengaruh Strategi Pemasaran pada Toserba
Gunasalma?; 3] Bagaimana Pengaruh Orientasi Pasar dan Strategi Pemasaran pada
Toserba Gunasalma?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan
menganalisis 1] Pengaruh Orientasi Pasar pada Toserba Gunasalma; 2] Pengaruh
Strategi Pemasaran pada Toserba Gunasalma; 3] Pengaruh Orientasi Pasar dan Strategi
Pemasaran pada Toserba Gunasalma. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode penelitian survey dengan pendekatan data kuantitatif. Sedangkan untuk
menganalisis data menggunakan analisis koefisien korelasi sederhana dan berganda,
koefisien determinasi, analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis (Uji t dan
Uji f). Hasil dari penelitian dan pengolohan data menunjukan bahwa Orientasi Pasar dan
Strategi Pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pemasaran pada
Toserba Gunasalma dengan besarnya pengaruh sebesar 61,50% dan sisanya 38,50%
dipengaruhi faktor lain yang dalam penelitian ini tidak diteliti. Diharapkan Toserba
Gunasalma bisa mempertahankan Orientasi pasar dan Strategi Pemasaran karena
semakin baiknya pengaplikasian Orientasi Pasar dan Strategi Pemasaran yang
dilakukan, akan semakin menunjang tingkat Kinerja Pemasaran Toserba Gunasalma.