Abstract:
Popon, 2023. Pengaruh Supply Chain Management dan Value Chain
Terhadap Keunggulan Bersaing (Suatu Studi pada UMKM Keripik Kaca di
kec. Lumbung). Dibawah Bimbingan Dr. Nana Darna, S.E,. M.M.
(Pembimbing I) dan H. Iwan Setiawan, S.E,.M.M. (Pembimbing II).
Penelitian ini difokuskan pada pengaruh Supply Chain Management dan value
Chain terhadap Keunggulan bersaing (Suatu Studi Pada UMKM Keripik Kaca di
Kec. Lumbung).
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pengaruh
supply chain management (SCM) terhadap keunggulan bersaing di UMKM Pikca
Barokah, UMKM Al Wafa, UMKM Dua Putra dan Jagara di Kecamatan
Lumbung? 2) Bagaimana pengaruh value chain terhadap keunggulan bersaing
UMKM Pikca Barokah, UMKM Al Wafa, UMKM Dua Putra dan UMKM Jagara
di Kecamatan Lumbung? 3) Bagaimana pengaruh supply chain management dan
value chain terhadap keunggulan bersaing di UMKM Pikca Barokah, UMKM Al
Wafa, UMKM Dua Putra dan UMKM Jagara di Kecamatan Lumbung?
Metode yang digunakan adalah metode penelitian survey dengan pendekatan
kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 64 responden dengan sampel
sebanyak populasi karena populasi kurang dari 100 responden. Sedangkan analisis
data yang digunakan yaitu analisis koefisien korelasi sederhana, koefisien
determinasi, uji t, analisis regresi linear berganda, analisis koefisien korelasi
berganda, uji F. dari hasil penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa
Supply Chain Management dan Value Chain berpengaruh positif dan signifikan
terhadap Keunggulan Bersaing pada UMKM Keripik Kaca di Kec. Lumbung
dengan besar pengaruh 11,1% dipengaruhi oleh Supply Chain Management dan
Value Chain, sedangkan sisanya sebasar 88,99% dipengaruhi oleh faktor lain yang
tidak diteliti. Dalam upaya meningkatkan Keunggulan bersaing pada UMKM
Keripik Kaca di Kec. Lumbung sebaiknya lebih meningkatkan lagi dalam aspek
Customer Relasionship yaitu karyawan harus menjaga hubungan yang baik
dengan pelanggan, meningkatkan lagi aspek Primary activitties atau kegiatan-
kegiatan pokok dalam sebuah perusahaan terutama dalam menciptakan nilai
tambah, serta lebih memperhatikan lagi dalam aspek service dimana karyawan
harus memberikan kebutuhan konsumen dan kepuasan konsumen melalui
peningkatan service.